Uncategorized

Kembalikan Fungsi Hutan, TNI dan Polri Bondowoso Tanam Ribuan Bibit di Ijen

×

Kembalikan Fungsi Hutan, TNI dan Polri Bondowoso Tanam Ribuan Bibit di Ijen

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, HarianForum.com- Sebanyak sembilan ribuan bibit pohon ditanam di Kawasan Hutan Perum Perhutani Desa Jampit Kecamatan Ijen dengan luas sekitar 20 hektar dalam acara Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), Sabtu (14/11).

Adapun bibit pohon yang ditanam dalam acara yang diinisiasi oleh Polres Bondowoso dan Kodim 0822 itu, terdiri dari pohon Mahoni 3.335 bibit, pohon Sengon Buto sebanyak 2.773 bibit, pohon pinus 1.663 bibit.

Kemudian ada juga Pohon Makademia 572 Bibit, Pohon Alpokat 458 Bibit, dan Pohon Kaliandra 2000 Bibit.

Kapolres Bondowoso AKBP Erick menerangkan, kegiatan rehabilitasi hutan ini sebagai upaya reboisasi tahap dua setelah bulan Maret lalu kegiatan serupa dilaksanakan.

Tujuannya, tak lain ingin mengubah mindset masyarakat agar juga turut andil dalam menjaga lingkungan. Sehingga, kejadian banjir bandang yang terjadi pada awal tahun lalu tak terulang kembali.

“Kita ingin mengubah mindset masyarakat, agar lebih turut andil menjaga lingkungan. Karena bagaimana pun, jika lingkungan rusak dampaknya akan kembali ke kita sebagai manusia,” katanya.

Di lain sisi, kata Kapolres Erick kegiatan ini juga bentuk upaya mengembalikan fungsi hutan sebagai penyangga pada kawasan hulu sehingga diharapkan kejadian banjir tidak terulang di masa yang akan datang.

Ke depan bersama seluruh jajaran TNI, BPBD dan lainnya, akan memantau bersama-sama pohon-pohon yang ditanam oleh sekitar 1.500 peserta dari berbagai wilayah itu. “Di lahan-lahan lain pun tetep kita akan perhatikan,”pungkasnya.

Tampak turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf Jadi, S.I.P, Asisten 1 Pemkab Bondowoso Agung Trihandono, Adm Perhutani KPH Bondowoso Andi Andrian Hidayat, S.P, Manager PTPN XII Kebun Blawan Heri Suciyoko serta Muspika Kecamatan Ijen. Termasuk juga, sejumlah organisasi seperti Orari, RAPI, Pramuka, dan Komunitas Pecinta Lingkungan.(Hms/Dav)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *