Minggu , November 27 2022
36 views

Kemarau Datang, Sebagian Warga Ranuyoso Cari Air di Sungai

Lumajang, HarianForum.com – seperti tahun-tahun sebelumnya kemarau panjang yang kini tengah terjadi di Lumajang membuat warga Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso mengalami krisi air bersih untuk kebutuhan memasak dan mandi.

sudah sekitar sebulan ini, warga Penawungan mencari air dengan menelusuri sungai Kedawung yang mengarah ke perbatasan Lumajang-Probolinggo. Jika beruntung, warga menemukan genangan air sungai dan diambil untuk keperluan rumah tangga.

“Kita setiap hari mencari air di ceruk-ceruk sungai,” ungkap Misto warga setempat, Sabtu(2/9/2017).

Menurut dia, Sumber mata air dibeberapa aliran sungai di Desanya sudah mengering dan terpaksa mencari lebih jauh. Untuk mencari air, dirinya bersama 5 orang tetangganya.

“Kita mencari air dengan membawa jerigen untuk menampung air,” paparnya.

Misto bersama tetangga mencari air harus jalan kaki lebih dari 30 menit. Dia memilih mencari air, karena harga dua jerigen seharag Rp.10 ribu pada pengepul.

Bahrul warga lianya mengaku, jika genangan air sungai sudah mengering, dirinya membuat cerukan sungai. Hal ini untuk menampung tetesan air dari dasar sungai Kedawung.

“Mau gimana lagi, uang tak punya makanpun sulit, cari air saja,” jelasnya.

Warga Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso berharap ada bantuan air bersih dari Pemkab Lumajang.(har/Brt-Jt)

Check Also

Sudah Diingatkan Berhenti Pengurukan, PT. Cakrawala Gemilang Bersaudara Tak Mengindahkan

Nganjuk, HarianForum.com- Proyek pembangunan sebagai Pergudangan milik PT. Cakrawala Gemilang Bersaudara yang masih tahap pengurukan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.