Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Serba-serbi / Kayu Ini Dipercaya Berasal Dari Surga, Benarkah

Powered by free wordpress themes

Kayu Gaharu

Kayu Ini Dipercaya Berasal Dari Surga, Benarkah

Jombang, HarianForum.com – Pohon Gaharu dipercaya satu diantara 6 benda surga yang ada dibumi. Pohon yang mempunyai banyak kegunaan karena hampir setiap bagian pohonnya dapat dimanfaatkan ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi jika dibanding dengan jenis pohon yang lain.

Pohon ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan, oleh sebab itu pohon gaharu memiliki harga hingga mencapai ratusan juta rupiah. Berikut terdapat beberapa kegunaan pohon gaharu mulai dari daun, batang dan minyak.

1.Daun Pohon Gaharu
Kegunaan yang pertama, daun dari pohon ini dapat dimanfaatkan untuk bahan teh seperti teh pada umumnya, daun gaharu yang masih muda dipetik kemudian dikeringkan selanjutnya diseduh menggunakan air panas.

Teh gaharu ini memiliki banyak khasiat mulai dari penyakit dalam, sakit kepala, sebagai stimulan, meningkatkan imunitas dan stamina tubuh hingga mengobati berbagai penyakit kronis.

Daun gaharu ada yang dijadikan berupa ekstrak yang biasanya digunakan dalam dunia kecantikan karena daun gaharu mencegah tanda-tanda penuaan dini, selain itu daun yang berupa ekstrak biasanya juga dijadikan sebagai obat herbal.

2.Batang Pohon Gaharu
Pemanfaatan kayu gaharu sebagian besar dijadikan sebagai perlengkapan ritual adat istiadat serta keagamaan seperti pembakaran kayu gaharu yang berfungsi semacam dupa, tasbih dan semua hal tersebut sebenarnya hanya untuk mengharumkan ruangan atau udara sekitar.

Tak hanya itu dalam dunia islam terdapat hadist yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dianjurkan untuk menghirup kayu gaharu yang berasal dari India karena menghirup kayu gaharu dianggap sebagai cara pengobatan yang sangat baik.

Kemudian Abu Bakar Ibn Arabi mengatakan bahwa kayu gaharu india yang berwarna hitam sangat ampuh untuk mengusir jin.

3.Minyak Pohon Gaharu
Pada awalnya kegunaan pohon gaharu yang diambil minyaknya digunakan untuk menghilangkan stres serta menyegarkan pikiran dengan keharuman yang dimilikinya, selain itu minyak ini juga digunakan untuk memperdalam dan meningkatkan spiritual seseorang.

Kedua, minyak gaharu digunakan untuk minyak urut yang dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti gangguan tulang dan sendi, nyeri pada persendian dan reumatik. (Phn-Al/Frm)

Check Also

Ikuti Program Pejuang Muda Kemensos, Mahasiswi Unisba Blitar Ingin Mendapat Pengalaman

Blitar, HarianForum.com- Kesempatan untuk memperoleh pengalaman secara langsung di daerah pasca bencana, daerah kantong-kantong kemiskinan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *