Sabtu , Januari 28 2023
196 views

Kang Susanto: Riset Pertanian Berhasil Dan Bebas Hama Dengan Light trap insect.

Bagor,HarianForum.com-Ketua P4S Joglo Nganjuk Susanto buka langsung Acara Riset Pertanian di persawahan Dusun Gawok, Desa Balongrejo, Kec. Bagor, Kab. Nganjuk Jawa Timur, Senin(17/10/2022).

 

Hadir langsung dalam acara ini, Pengelolaan P4S Joglo Nganjuk Susanto dan Kepala Desa Balongrejo Supriyanto.

 

Acara di mulai dengan penjelaskan cara-cara perawatan tanaman yang efektif, sehat dan sedikit menggunakan pestisida.

 

 

Dalam sambutannya Pengelola P4S Joglo Nganjuk Susanto mengatakan bahwa, petani perlu pendampingan tentang pengembangan teknologi, terutama kelembagaan Gapoktan, Poktan atau nanti nya membangun Konformasi ini yg perlu di terapkan .

 

Dalam hal ini P4S Riset mengawali bagaimana nanti nya Poktan, Gapoktan, Konformasi, itu harus mempunyai lembaga dasar terapan .

“Riset itu sangat penting jadi teknologi apa yang mau di terapkan di petani lembaga riset yang harus menjawab dulu, kelayakan teknologi keefektifan teknologi itu nanti yang menjawab tanamannya sendiri tugas pengurus menyampaikan maka pembangunan pertanian akan lebih cepat” Ujar Susanto.

 

Sementara itu Supriyanto Kepala Desa mengatakan bahwa dengan adanya progam di canangkan teman-teman P4S Joglo Nganjuk di Balongrejo. “Kami sangat apresiasi dan mendukung, karena potensi-potensi di Balongrejo mayoritas mata pencaharian masyarakat di Balongrejo 99% berbasis pertanian” Ucap Supriyanto.

 

“Dengan adanya kerjasama pemerintah desa tingkat kelompok tani atau Gapoktan dengan masyarakat terutama adik-adik petani milenial kita harapkan nanti lebih teliti, transfer ilmu dari P4S Joglo Nganjuk, yang nantinya bisa di amati teknologi-teknologi tepat guna yang di terapkan di lahan 300 Hektar lebih yang nantinya hasil bisa semaksimal mungkin” imbuhnya.

 

Ia berharap hasil panen para petani meningkat pesat. “Harapan saya hasil petani yang nantinya bisa maksimal agar kesejahteraan masyarakat akan meningkat pesat” pungkasnya.

 

 

 

Riset pertanian tersebut diisi dengan memperkenalkan metode penanaman, jarak tanam, perbandingan lahan yang di pakai dan hasil pemakaian Light trap insect .

 

Reporter. : Mas wo

Editor.      : Siti Nur kholifah

Check Also

KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP TEGASKAN KOMITMEN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM PEMENUHAN RUANG TERBUKA HIJAU DAN KONSERVASI LAHAN

    Jombang, HarianFoarum.com- Menanggapi aksi teatrikal Asosiasi Jombang Semesta Raya (Anjasmara) hari ini yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *