Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Peristiwa / Jadwal Sidang Isbat dan Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2018

Powered by free wordpress themes

Jadwal Sidang Isbat dan Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2018 (ban)

Jadwal Sidang Isbat dan Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2018

Jakarta, HarianForum.com – Sejumlah televisi dijadwalkan menyiarkan proses pemantauan hilal untuk menentukan 1 Syawal 1439 H/2018M atau Hari Raya Idul Fitri dalam sidang isbat, Kamis (14/6/18) mulai pukul 16.30 WIB, sidang isbat tersebut dilaksanakan di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta.

Sidang isbat ini diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439 H. Dan seperti biasanya, sidang isbat berlangsung tertutup, dan hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang isbat.

Sidak isbat tersebut dihadiri oleh Duta Besar negara-negara, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkama Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium.

Tidak hanya itu, dalam sidang tersebut juga hadir Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin mengatakan bahwa, pantauan terhadap hilal akan dilaksanakan di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. (Ban/Frm)

Check Also

Pria Asal Pasuruan Ini Ditemukan Tergeletak Bersimbah Darah, Begini Kronologinya

Nganjuk, HarianForum.com- Warga Desa Gentong Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pasuruan MH (19) ditemukan tergeletak bersimbah darah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *