Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Serba-serbi / Ini Cara CV. Putra Punden Corp Lestarikan Kebudayaan Jawa

Powered by free wordpress themes

Kesenenian Tayub dan Jaranan di Ds Lumpang Kuwik, Kec. Jatikalen, Kab. Nganjuk

Ini Cara CV. Putra Punden Corp Lestarikan Kebudayaan Jawa

Nganjuk, HarianForum.com – Sunariyono Pemimpin Perusahaan CV. Putra Punden Corp warga Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk ini sangat peduli terhadap masyarakat, tidak hanya pada bidang ekonomi kerakyatan tapi juga peduli dengan kebudayaan dan kesenian seperti Tayub juga Jaranan.

Pada kesempatan kali ini, dalam rangka bersih desa atau ruwat Desa Lumpang Kuwik, CV. Putra Punden Corp bersama Putra Nasdem Kabupaten Nganjuk dan ratusan warga Desa Lumpang Kuwik, Kecamatan Jatikalen menggelar tayuban dan jaranan. Tradisi tersebut digelar sebagai wujud syukur warga terhadap bumi (desa) yang ditempati.

Sunariyono mengatakan bahwa, kesenian tayub dan jaranan saat ini kurang dilestarikan di daerah Kabupaten Nganjuk, maka CV. Putra Punden Corp bersama Putra Nasdem Kabupaten Nganjuk menggelar tayub dan jaranan di wilayah tersebut, dan hal ini membuktikan kepeduliannya terhadap kebudayaan lokal.

Lebih lanjut Sunariyono mengungkapkan bahwa, “Para warga membuat gunungan tumpeng terdiri dari buah, sayuran, palawija dan hasil bumi lainnya, tak tanggung-tanggung ada sekitar ratusan tumpeng kecil yang dibawa warga perorangan. Warga sangatlah antusias, apalagi jaranan Turonggo Wilis ini sudah sangat terkenal diwilayah Kabupaten Nganjuk dan Jawa Timur.” Jlentrehnya, Jumat (27/04/18).

Sunariyono juga menambahkan, gunungan tumpeng tersebut digelar dan didoakan terlebih dahulu oleh sesepuh, baru kemudian diserbu ratusan warga desa setempat. Tradisi seperti ini mengajarkan kepada generasi muda agar menghormati alam.

Keterlibatan CV. Putra Punden Corp dan Putra Nasdem Nganjuk ini untuk memperkenalkan pada masyarakat luas bahwa perusahaan maupun komunitasnya peduli terhadap kebudayaan dan kesenian tradisional terutama Tayuban dan Jaranan. (di/frm)

Check Also

Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk Kembali Gelar Vaksinasi Guna Wujudkan Herd Immunity 

Nganjuk, HarianForum.com– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk kembali lakukan giat vaksinasi covid-19, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *