Serba-serbi

Indonesia Miliki Piramida Tertua di Muka Bumi

×

Indonesia Miliki Piramida Tertua di Muka Bumi

Sebarkan artikel ini
Gunung Padang Yang Nampak Seperti Piramida

HarianForum.com – Kita tentu tahu piramida yang paling diketahui orang di seluruh dunia berada di Mesir, tetapi di Indonesia juga terdapat piramida dan banyak yang menduga itu adalah piramida tertua di bumi.

Pada tahun 1914, sejarawan Belanda, N.J Krom terpukau saat melihat situs megalitikum di permukaan sebuah bukit di Cianjur, Jawa Barat. Sang ilmuwan menduganya sebagai kuburan. Ia sempat menuliskan temuannya itu di Rapporten van de Oudheidkundige Dienst. Namun, kemudian, situs itu sempat terlupakan.

Sementara, warga lokal mengira, itu adalah istana Prabu Siliwangi yang gagal dibangun dalam waktu semalam.

Pada 2011, Gunung Padang kembali jadi pusat perhatian. Saat itu, temuan tim peneliti katastrofi purba yang dibentuk kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana mengungkapkan, apa yang dilihat N.J Krom baru sekedar permukaan.

Hal menarik, kata mereka sejatinya ada di Perut Gunung Padang. Diduga, situs tersebut bukanlah bukit alami, melainkan sebuah bangunan buatan manusia masa lalu yang berperadaban maju, yang bentuknya pundek berundak mirip piramida.

Jika terbukti, bisa jadi Gunung Padang adalah punden berundak terbesar di dunia. Juga mungkin yang tertua.

Seperti dikutip Daily Mail, 2 April 2015, ahli geologi Danny Hilman meyakini situs tersebut dibangun antara 9.000 hingga 20 ribu tahun lalu.

Jika benar, Gunung Padang lebih tua dari piramida Mesir yang dibuat pada 5.000 tahun lalu. “Orang mengira masa prasejarah primitif, namun bangunan itu membuktikan anggapan tersebut salah.” Ungkap Danny.

Di tengah kontroversi dan perdebatan, hingga saat ini para ahli terus berusaha membuktikan keotentikan Gunung Padang. (Lpt-6/Frm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *