Jumat , Januari 27 2023
121 views

Gubernur Sumut Serahkan DlPA Dan TKDD 2023 kepada Bupati Tapsel Tapanuli Selatan

 

TAPSEL, HarianForum.com-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2023. DIPA dan alokasi TKDD Tapsel diserahkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada acara Penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2023 Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Jumat (2/12/2022).

 

 

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dalam sambutannya meminta kepada Kepala Daerah di Sumut agar benar- benar memahami DIPA dan TKDD sehingga percepatan pembangunan di wilayah masing-masing dapat terlaksana dengan baik.

 

Tahun ini, kata Edy, alokasi belanja negara Tahun Anggaran 2023 untuk Sumatera Utara sebesar Rp 63,6 triliun. Dimana belanja pemerintah pusat (K/L) sebesar Rp 22,05 triliun kepada 898 satuan kerja, meningkat Rp1,25 triliun atau naik 6 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar 20,8 triliun.

“Untuk TKD 2023 dialokasikan kepada 34 pemerintah daerah di Sumut sebesar Rp 41,55 triliun meningkat Rp 1,3 triliun atau naik 3,22 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp 40,25 triliun,” paparnya.

 

 

Oleh karena itu, saya minta kepada bupati/walikota serta kementerian dan lembaga untuk mempercepat realisasi anggarannya biar ekonomi kita cepat tumbuh, jangan ditumpuk di bank. Agar pada tanggal 2 Januari 2023 sudah running, segerakan pengesahan APBD di DPRD bapak masing-masing, kita harus cepat apalagi tahun depan diprediksikan akan sulit,” kata Edy Rahmayadi.

 

 

Sementara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, Heru Pudyo Nugroho dalam laporannya menyampaikan bahwa APBN Tahun 2023 mengusung tema Optimis dan Waspada.

 

 

“APBN tahun 2023 dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi namun pada saat yang sama juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam merespon gejolak global yang masih terus berlangsung,” tambahnya.

 

 

Usai acara, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengatakan, TKDD ini akan dimanfaatkan dengan baik untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Artinya di awal tahun harus sudah berjalan sehingga dapat memberikan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Tapsel, katanya.

 

 

Sementara untuk Kabupaten Tapsel alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun anggaran 2023 sebesar Rp1,198 triliun yang meliputi Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp.151,89 milyar, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp.616,39 milyar, Alokasi DAK Fisik sebesar Rp.118,19 milyar, Alokasi DAK Non Fisik sebesar Rp.152,67 milyar dan Dana Desa sebesar Rp.158,86 milyar, terang Dolly.

 

 

Hadir pada acara penyerahan DIPA dan TKD Sumut antara lain Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, serta unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan, bupati/wali kota se-Sumut, serta OPD terkait. (Hamidi).

Check Also

KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP TEGASKAN KOMITMEN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM PEMENUHAN RUANG TERBUKA HIJAU DAN KONSERVASI LAHAN

    Jombang, HarianFoarum.com- Menanggapi aksi teatrikal Asosiasi Jombang Semesta Raya (Anjasmara) hari ini yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *