Powered by free wordpress themes

Thursday , January 21 2021
Home / Serba-serbi / Gelar Pra UKW Secara Daring, Rini Yustiningsih Tegaskan Pentingnya 5W+1H

Powered by free wordpress themes

Pra UKW gelombang II dilakukan secara daring

Gelar Pra UKW Secara Daring, Rini Yustiningsih Tegaskan Pentingnya 5W+1H

HarianForum.com- Penggunaan 5W+1H yang terdiri dari What, Who, Where, When, Why, dan How sangat penting dalam proses penyusunan berita. Tidak hanya dalam penyusunan berita, rumus 5W+1H juga berfungsi mengarahkan seorang jurnalis dalam membuat judul. Hal tersebut disampaikan oleh Rini Yustiningsih salah satu narasumber Pra UKW gelombang II yang diselenggarakan secara daring oleh PT. Aksara Solopos, Kamis (14/01/2021).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan terkait 5 nilai kelayakan berita yang terdiri dari signifikan berarti penting atau tidaknya berita itu, magnitude yaitu dampak bagi masyarakat, dan timelines waktu terjadinya kejadian tersebut.

“Lalu, ada proximity yaitu kedekatan lokasi atau kedekatan psikologis dengan pembaca, ketokohan serta human interest yaitu sejauh mana berita yang dibuat dapat menyentuh perasaan pembaca,” pungkas Rini saat menyampaikan materi.

Agung Santoso selaku koordinator rekan-rekan media yang akan mengikuti UKW gelombang 2 merasa lega karena Pra UKW berjalan dengan lancar dan tertib. “Mereka begitu aktif berdiskusi dengan pemateri dan itu artinya feedback yang baik, tentunya saya berharap semua peserta lulus dan berkompeten,” jelasnya.

Diketahui, sebanyak 36 jurnalis yang tersebar dari seluruh Indonesia mengikuti Pra UKW gelombang II secara aktif dan tertib. Terdiri dari 2 jurnalis yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah, 4 jurnalis dari Provinsi Jawa Tengah dan sebanyak 30 jurnalis dari Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, Pra UKW tersebut digelar sebagai persiapan menuju Uji Kompetensi Wartawan yang akan digelar pada tanggal 30-31 Januari 2021 di PT. Aksara Solopos.

Dalam pelaksanaannya, Uji Kompetensi Wartawan ini dibagi menjadi 3 jenjang yakni jenjang muda untuk reporter yang melakukan kegiatan, jenjang madya untuk redaktur yang mengelola kegiatan serta jenjang utama untuk pimpinan yang mengevaluasi dan memodifikasi kegiatan.

Selain Rini Yustiningsih yang menyampaikan materi terkait cara menulis berita yang benar, Pra UKW yang dimoderatori oleh Sholahuddin selaku direktur PT. Aksara Solopos tersebut juga mengundang dua narasumber lainnya yakni Suwarmin dan Syifaul Arifin yang mengulas materi tentang Kode Etik Jurnalistik dan Teknik Uji Kompetensi Wartawan.(Bs)

Check Also

Polres Nganjuk Ikuti Pembukaan Lomba MTQ XIV Kapolda Cup Secara Virtual

Nganjuk, HarianForum.com- Polres Nganjuk mengikuti kegiatan virtual pembukaan Lomba MTQ XIV yang memperebutkan piala Kapolda Jatim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *