Powered by free wordpress themes

Friday , September 24 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Gandeng UM, Choirul Anam S. Ag Gerakkan Potensi Warganya

Powered by free wordpress themes

Gandeng UM, Choirul Anam S. Ag Gerakkan Potensi Warganya

Blitar, HarianForum.com- Choirul Anam S. Ag kepala desa Gogodeso, Kanigoro, Blitar Menggandeng Universitas Negeri Malang (UM). untuk menggerakkan potensi warganya, lurah ini mewajibkan semua perangkatnya mengikuti latihan pemanfaatan teknologi informasi. Dengan mampu memanfaatkan IT, diharapkan semua potensi yang dimiliki warganya akan dipublikasikan dan disebarluaskan.

Tak hanya itu saja. Dalam setahun, berbagai kegiatan kreatif ia gelar. Seperti pameran potensi desa sampai dengan festival seni yang melibatkan komponen warga. “Pokoknya tiada hari tanpa menggerakkan masyarakat,” katanya, Jumat (9/11/2018).

Hasil riset mahasiswa UM tentang desa yang dipimpin lurah yang juga seniman ini. Antara lain disebutkan masih adanya program yang kurang konsisten antara yang satu dengan lainnya. Juga banyak informasi program yang tidak sampai ke warga sehingga partisipasi mereka kurang.

Berdasarkan riset tersebut, para UM menyarankan perlunya sinergi yang makin erat antara pemerintah desa, BUMDes, UKM, dan warga. Disarankan perlunya lebih memanfaatkan IT dalam menggerakan potensi warga maupun mempublikasikan potensi desa yang ada.

Pelatihan IT ini tak hanya melibatkan perangkat desa. Tapi juga para ketua RT maupun semua lembaga desa yang ada. Mereka semua dilatih untuk membuat dan mengelola website yang kelak dipakai untuk media informasi semua potensi desa.

Ketua Jurusan Sosiologi UM Dr. Irawan mengungkapkan, sekarang ini adalah era digital. Karena itu, agar semua potensi desa bisa dilihat dunia luar, maka memiliki website desa menjadi suatu yang penting. Desa bos go global melalui pemanfaatan IT.(Ngop/Nur)

Check Also

Pemkab Nganjuk Berkomitmen Membela Kelompok Masyarakat Lemah

Nganjuk HarianForum.com – Pergantian pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk , nampaknya akan merubah paradigma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *