Sabtu , Januari 28 2023
73 views

Gali Potensi, Desa Berdaya Godean berhasil Hadirkan Ikon Wisata ‘Cuiland Zenk’

Nganjuk, HarianForum.com- Desa Godean Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk yang telah dikukuhkan sebagai desa Berdaya oleh Provinsi Jawa Timur, berhasil ciptakan tempat untuk berdayakan masyarakatnya.

Salah satunya ialah Cuiland Zenk yang berada di sebelah lapangan desa Godean. Ikon wisata berbasis kuliner ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi pada Kamis (29/12/2022).

Turut hadir dalam peresmian ini Hermin Waskitorini Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) yang mendampingi Desa ini hingga berhasil menjadi desa berdaya dan membuat ikon wisata desa bernama Cuiland Zenk. Hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Subani, Camat Loceret Nur Binti Beserta Forpimcam Loceret, Kepala Desa Godean Suliadi dan masyarakat desa Godean.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyampaikan bahwa Cuiland Zenk ini bentuk Pemerintahan Desa membangun ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan masyarakatnya.

“Pemerintah Daerah termasuk diri saya dan Dinas-dinas di Kabupaten Nganjuk akan selalu mensupport apapun yang dilakukan Desa untuk pembangunan” ucap Kang Marhaen.

 

 

Hermin Waskitorini selaku pendamping desa berdaya menjelaskan bahwa Pembuatan Ikon Cuiland Zenk ini untuk memberdayakan masyarakat. “Agar ekonomi masyarakat desa Godean bisa berputar disini, sehingga meningkatkan kesejahteraan desa juga masyarakatnya” jelasnya.

“Program desa berdaya ini untuk menggali potensi desa, kemudian dijadikan ikon desa. Desa yang menarik, ikonik, yang tidak ada kesamaan dengan desa lain” lanjutnya

“Desa Godean ini memiliki potensi Seng, yang dijadikan ikon desa ini. diharapkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi pulih kembali, masyarakat bisa berkumpul disini dan masyarakat bisa bangkit kembali” jelas Hermin

Ia berharap, dengan adanya desa berdaya ini, taraf perekonomian masyarakat Godean naik, kesejahteraannya naik dan uang bisa berputar di desa, masyarakat tidak kemana-mana lagi, cukup disini, jajan dan main disini, wisata disini.

Sementara Kepala Desa Godean Suliadi menyampaikan bahwa persiapan Cuiland Zenk ini dimulai sejak sepuluh bulan yang lalu. “Alhamdulillah, sekarang bisa diresmikan. Kami berharap, dengan dilaunchingnya ikon Desa Berdaya Cuiland Zenk ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat desa” tutur Suliadi.

Ia juga menjelaskan bahwa nama ‘Cuiland Zenk’ ini diambil dari salah satu warga Godean yang mengelola barang bekas, utamanya yang terbuat dari seng. “Kami mengambil nama ‘Cuiland Zenk’ ini karena masyarak Godean ini mengolah limbah bekas seng” pungkas Suliadi.

(Tim)

Check Also

Kapolres Tanjungperak Silaturahmi ke Para Tokoh Agama dan Ulama

Surabaya, HarianForum.com – Menjalin silaturahmi dan koordinasi keamanan dan kenyamanan di wilayah hukum Polres Pelabuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *