Sabtu , Januari 28 2023
232 views

Empat Tim Lolos di Grand Final Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila, Salah Satunya SMADA Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.com- Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi buka langsung Grand Final Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila tingkat SMA/SMK/MA se-kabupaten Nganjuk di Gedung Graha Adyatama SMA Negeri 2 Nganjuk, Rabu (12/10/2022).

Selain, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi beserta ibu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Kejari Nganjuk, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Nganjuk Drs. Edy Sukarno M. M.Pd, Dandim 0810, Perwakilan Kapolres Nganjuk, Forkopimda juga OPD terkait.

Acara berlangsung meriah ditambah dengan penampilan tari Pandan Wilis dari siswi SMAN 2 Nganjuk.

Lomba yang digelar Pemerintah Kabupaten Nganjuk bersama Komansdik juga Stakholder ini ini bertujuan untuk membumikan kembali nilai luhur Pancasila didunia Pendidikan. Setelah satu bulan proses seleksi, 4 tim lolos sampai grand final yang hari ini kembali dilombakan. 4 tim tersebut berasal dari SMAN 3 Nganjuk, SMA Kosgoro Nganjuk, SMAN 2 Nganjuk dan SMAN Tanjunganom.

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan bahwa lomba Sekolah bermartabat Pancasila ini sudah ada sejak 2 tahun yang lalu “Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila sudah mulai 2 tahun yang lalu, waktu itu SMP. Kalau untuk SMA baru sekarang. Ini penting sekali, untuk membumikan Pancasila pada anak-anak” ucap Marhaen

Dirinya juga menghimbau untuk selalu mengangkat nilai-nilai Pancasila yang mulai luntur dengan menyuarakan slogan ‘Selamat datang keberagaman dan selamat tinggal keseragaman’.

“Pada hakikatnya manusia kan cerdas, unik. Maka jangan pernah dibanding-bandingkan” tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia Lomba Sekolah Bermartabat Pancasila Sudjito, mengatakan bahwa acara ini acara ini terkonek langsung dengan BPIP (Badan Pembina Ideologi Pancasila). Dibawah BPIP ada JPM (Jejaring Panca Mandala) dan di Nganjuk ada Jejaring Panca Mandala Anjuk ladang yang juga ikut membantu terselenggaranya acara ini.

Sudjito juga mengatakan bahwa lomba ini pertama kali diadakan di Kabupaten Nganjuk. “Ini pionernya Indonesia, pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Nganjuk” ujarnya.

ia juga menjelaskan rentetan acara lomba tersebut yang dimulai sejak tanggal 14 September 2022 hingga final pada 12 Oktober 2022. Dimulai dengan sosialisasi, visitasi sekolah, kemudian diambil sepuluh besar hingga sampai di babak grand final. “Proses nya panjang dan diharapkan setiap tahun bisa diselenggarakan” pungkas Sudjito.

 

Reporter: Dyah & Prabowo

Editor: Nur Kholifah

Check Also

PPS Dilantik, ini Penjelasan Pujiono Ketua KPU Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.com- Setelah melalui tahapan pembentukan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, sebanyak 852 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *