Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Empat Pilar Ir. Mindo Sianipar, Ajak Poktan Dan Tokoh Masyarakat Miliki Semangat Nasionalisme

Powered by free wordpress themes

Drs. Rasyid Anggoro MM dosen STKIP Nganjuk sekaligus narasumber dalam kegiatan sosialisasi

Empat Pilar Ir. Mindo Sianipar, Ajak Poktan Dan Tokoh Masyarakat Miliki Semangat Nasionalisme

Nganjuk, KabarNganjuk.com- Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait empat pilar kebangsaan tersebut. Pasalnya Empat Pilar itu merupakan empat pilar kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Ir. Mindo Sianipar tersebut dipimpin langsung oleh Dedy Nawan selaku kepala desa Gejagan, turut mengundang Drs. Rasyid Anggoro, MM yang merupakan seorang dosen dari STKIP Nganjuk sebagai narasumber serta dihadiri oleh Poktan dan tokoh masyarakat se-kabupaten Nganjuk.

Digelar di balai desa Gejagan kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk, sosialisasi itu diadakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan penerapan 4 pilar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 yang kini sedang melanda kabupaten Nganjuk khususnya Kamis (16/07).

Dedy Nawan selaku kepala desa Gejagan mengatakan bahwa pihaknya akan terus menggagas program-program baru di tahun 2021 untuk Poktan. Di masa New Normal, tambahnya, petani harus tetap bisa produktif dan sejahtera.

“Meskipun kita harus hidup berdampingan dengan Corona, kita harus tetap bisa menghasilkan. Karena pertanian adalah tiang sebuah negara. Apalagi, Anda yang disini jadi pendamping rata-rata sudah 5 sampai 12 tahun,” ungkapnya.

Poktan dan tokoh masyarakat mengisi daftar hadir

Dalam sambutannya, Rasyid Anggoro menjelaskan terkait implementasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Salah satunya adalah bahwa Pancasila sebagai pemersatu negara. Selain itu Pancasila juga sebagai filsafat yang membutuhkan pemikiran mendalam.

Selain itu, Pancasila merupakan seperangkat nilai yang dijadikan pedoman. Sedangkan tantangan saat ini adalah salah satunya menguatnya faham individualisme.

“Nanti kalau ada kegiatan pertanian, ya jangan mengunggulkan ego. Kita bisa, kalau kita bersama-sama,” tambahnya.

Rasyid juga menambahkan bahwa apabila ada permasalahan terkait petani seperti salah satunya pupuk bisa langsung disampaikan kepada Ir. Mindo Sianipar agar segera menemui jalan keluar.(Red)

Check Also

Pemkab Nganjuk Berkomitmen Membela Kelompok Masyarakat Lemah

Nganjuk HarianForum.com – Pergantian pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk , nampaknya akan merubah paradigma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *