Powered by free wordpress themes

Monday , November 29 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Dua Komisioner KPU Nganjuk Habis Masa Jabatan

Powered by free wordpress themes

Dua Komisioner KPU yang habis masa jabatan M. Agus Rahman Hakim (kanan) dan Pujiono (kiri).

Dua Komisioner KPU Nganjuk Habis Masa Jabatan

Nganjuk, HarianForum.com- Sesuat Surat Keputusan KPU Rl, dua komisioner mulai hari ini, M. Agus Rahman Hakim Ketua KPU dan Pujiono komisioner divisi teknis penyelenggara habis masa jabatannya per 18 April 2019 periode 2014 – 2019. Berdasar Rapat Pleno, KPUD mengusulkan Yudha Harnanto sebagai ketua yang baru.

Komisioner KPU Kabupaten Nganjuk kini tinggal menyisakan tiga orang. Hal tersebut disampaikan Agus. Tiga komisioner yang tersisa adalah Muchiyin (divisi perencanaan data dan informasi), Kustoyo (divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM), dan Yudha Harnanto (divisi hukum dan pengawasan).

Meski tersisa tiga orang, Agus menegaskan, hal itu tidak menjadi masalah. Sebab, berdasar UU No.7/2017 tentang Pemilu, rapat pleno KPUD dihadiri sekurang-kurang tiga orang komisioner. “Jadi tidak mengganggu kinerja,” tutur mantan aktivis mahasiswa ini.

Hanya saja, karena posisi ketua kosong, KPUD harus mengusulkan penggantinya ke KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dari rapat pleno KPUD yang digelar Selasa lalu (16/04/2019), mereka mengusulkan Yudha sebagai ketua. “Nama itu yang kami usulkan. Tinggal menunggu SK dari KPU Provinsi,” ungkap pria asal Desa Pehserut, Kecamatan Sukomoro ini.

Karena sudah menjabat dua periode sejak 2009, Agus tidak bisa lagi mendaftar sebagal komisioner KPUD, Sedangkan Pujiono baru menjabat satu periode. Sehingga, besar kemungkinan akan mendaftar di periode 2019 – 2025. Seperti diketahui, KPUD periode 2014- 2019 akan habis pada 12 juni mendatang.

Setelah habis mas jabatannya, Agus mengaku akan menggeluti dunia advokasi. Sebagai alumnus Fakultas Hukum (FH) UIN Sunan Ampel Surabaya, pria berambut panjang ini sudah mengantongi sertifikasi profesi pengacara. ”Saya akan jadi lawyer,” tuturnya.

Agus juga mengatakan, sebelum terjun ke sena, dirinya akan menghabiskan waktu luangnya bersama keluarga. Sebab, semenjak menjadi komisioner apalagi ketua KPU sejak tahun 2014, waktunya banyak tersita untuk pekerjaan. Besok (hari ini. Red) istirahat dulu. Karena sudah tiga hari belum tidur untuk persiapan,” tandasnya seraya tertawa.(Red)

Check Also

Polda Jatim Siap Kawal Demo Buruh Tuntut Kenaikan UMP

Surabaya, HarianForum.com- Polda Jawa Timur siap mengawal dan mengamankan jalannya aksi demo yang dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *