Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Pertanian / Diserang Ulat, Petani Jagung di Tuban Cemas

Powered by free wordpress themes

Diserang Ulat, Petani Jagung di Tuban Cemas

Tuban, HarianForum.com- Hama ulat yang menyerang tanaman jagung petani di desa Dawung Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, membuat petani resah dan khawatir tidak bisa panen.

Hama ulat yang sudah menyerang kurang lebih tiga minggunan ini,membuat tanaman jagung tidak bisa tumbuh dengan sempurna, dikarenakan pucuk daun jagung menjadi rusak karena dimakan oleh hama ulat, serta digunakan untuk bersarang.

Salah satu Petani Desa Dawung Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban Aji Waseso mengatakan,bahwa tanaman jagung miliknya yang baru berumur satu bulan ini sudah diserang hama, kurang lebih tiga Minggu ini.

“Hama ulat yang menyerang ini sudah tiga mingguan,” jelasnya saat ditemui disawahnya, Kamis (10/10/2019).

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya hama ulat ini merasa dirugikan, bahwasanya tidk bisa panen dengan sempurna, dikarenakan tanaman jagung tidak bisa tumbuh dengan sempurna, seperti biasanya.

“Dengan adanya hama ulat ini, diperkirakan panen jagung turun drastis hingga 75 persen,” jelasnya.

Semantara itu Ketua kelompok tani Subur makmur Desa Dawung, Kecamatan Palang Suko Arifin menyebutkan, saat ini intensitas serangan yang terpantau di Desa Dawung, Kecamatan Palang masih sekitar 2 hektare. Intensitas serangan itu mulai dari ringan hingga berat.

Lanjut Arifin, Umur tanaman yang diserang, berkisar umur satu bulan hingga dua bulan. Kondisi tersebut membuat para petani khawatir, karena tanaman jagung mereka tidak dapat tumbuh sempurna.

“Kalau yang diserang hama, pertumbuhan jagungnya tidak bisa bagus, ungkapnya.

Pihaknya mengaku kewalahan membasmi serangan hama yang menyebar dengan cepat ini. Para petani sudah melakukan pencegahan dengan menyemprotkan insektisida namu masih saja hama ulat masih menyerang.

“Untuk menanggulangi hama ulat tersebut para petani melakukan penyemprotan menggunakan insektisida, namun tidak mempan. Kami kesulitan dengan itu,” katanya.(tbn01)

Check Also

Tingkatkan Produktivitas Bawang Merah di Nganjuk, PT Petrokimia Gresik Luncurkan Agro Solution

Nganjuk, HarianForum.com- Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding PT Pupuk Indonesia menggelar panen bawang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *