Tuesday , August 16 2022

Disela-sela Jam Istirahat, Kang Marhaen Kuliner Krupuk Pecel Bu Penik Khas Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.com – Krupuk pecel termasuk salah satu makanan khas Nganjuk yang berbahan baku kacang tanah yang dilengkapi dengan rempah-rempahan.

Krupuk Pecel Bu penik adalah salah satu usaha kuliner yang berdiri sejak tahun 1998 yang semula bu penik ini berjualan buah di pasar, kemudian beralih berjualan nasi pecel dan jenang sum sum, namun nasi pecel kurang di minati oleh warga sekitar, setelah itu bu penik beralih berjualan krupuk pecel sampai saat ini.

Warung krupuk pecel ini terletak di pertigaan Desa Sukorejo Kecamatan Lorecet itu sangat ramai, apalagi siang-siang diwaktu jam istirahat kerja, selalu ramai dari buka pukul 08.30 – 14.00 Wib.

Ia tidak hanya menjual kerupuk pecel saja melainkan ada gorengan seperti tahu isi, ote-ote (weci), tahu goreng dan menjual aneka minuman yakni es rujak, es kopyor dan lain sebagainya. Bu penik ini setiap harinya menghabiskan sambel kacang sebanyak kurang lebih 2 kilogram.

Yang menjadi ciri khas krupuk pecel bu penik yaitu sayuran yang ada 12 macam dan es rujaknya yang sangat menggoda.

Waktu jam istirahat hari ini Jum’at (13/5/22) Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi bersama Ibu Yuni Marhaen menikmati kuliner khas Nganjuk Pecel Bu Penik dan melihat langsung proses pembuatan pecel bu penik yang menggunakan bahan alami yaitu kayu bakar.

Dirinya mengatakan, pecel bu penik ini memiliki khas 12 macam sayuran yakni ada kecipir, kacang panjang, kembang turi, rebung dan cambah.

“Rasanya jangan kuwatir, rasanya mak nyus sekali nikmatnya makan krupuk pecel di bu penik ini, saya tidak hanya satu kali makan disini, tapi sudah berkali-kali mampir ke krupuk pecel ini”, Ucap Kang Marhaen.

Pemkab Nganjuk berupaya agar masyarakat yang mempunyai jiwa berwirausaha agar berkreasi membuat makanann ciri khas Nganjuk dengan ciri-ciri yang berbeda.

Ibu Nana Salah satu pembeli krupuk pecel bu penik mengatakan bahwa ia jauh-jauh datang dari kertosono ke Nganjuk hanya ingin menikmati Krupuk Pecel khas Nganjuk ini.

“Saya ke Nganjuk sendirian hanya ingin makan krupuk pecel bu penik, sudah berkali-kali setiap di Nganjuk selalu mampir beli krupuk pecel, rasanya jangan diragukan lagi, yang pasti sangat pas untuk lidah orang Nganjuk”, Pungkasnya

Check Also

Nyawa Melayang Setelah Tertabrak Kereta Api

Nganjuk, HarianForum.com –¬†Nyawa melayang setelah tertabrak Kereta Api, tepatnya di rel kereta api jalur selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.