Jumat , Januari 27 2023
116 views

Dinas Perkim Laksanakan Program Batuan IBM PISEW 2022 di Tiga Kecamatan

Jombang, HarianForum.com- Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Timur Pada tahun 2022 ini kembali mengucurkan bantuan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat (IBM) yang pendanaannya bersumber dari APBN yaitu Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang.

Kegiatan ini tentunya untuk meningkatkan infrastruktur serta pendekatan partisipasi masyarakat demi meningkatkan sosial dan ekonomi di tiga Kecamatan wilayah kota santri.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang Heru Widjajanto (05/12) membenarkan bahwa pelaksanaan kegiatan bantuan IBM di program PISEW tahun ini berada di tiga Kecamatan, diantaranya adalah Kabuh, Kesamben dan Kecamatan Ngoro.

“Program PISEW ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur guna menunjang kegiatan sosial dan ekonomi suatu wilayah,” Terang Heru.

Diterangkan Heru, dalam pelaksanaan program PISEW ini adalah secara swakelola dan dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) yang dibentuk khusus untuk pelaksanaan program PISEW yang disahkan melalui peraturan bersama Kepala Desa penerima.

“Nominal bantuan sebesar Rp. 500.000.000 dengan ketentuan penggunaan dana sebagaimana dalam petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis pelaksanaan yang telah disusun oleh Kementerian PUPR,” terangnya.

Kemudian Kadis Perkim Jombang juga menyebutkan, tahun 2022 bantuan program PISEW yang berada di tiga kecamatan antara lain di Kecamatan Kabuh ditetapkan pada Desa Kedungjati dan Desa Kabuh, sedangkan di Kecamatan Kesamben yang mendapatkan adalah Desa Jombatan dan Desa Jatiduwur. Kemudian di Kecamatan Ngoro ada 2 Desa yakni berada Di Desa Ngoro Dan Desa Badang.

“Hal ini sesuai dengan Surat Kepmen PUPR nomor 347/KPTS/M/2022 tanggal 7 April 2022 tentang Penetapan Lokasi dan Besaran Bantuan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2022,” jelasnya. (lil)

Check Also

PPS Dilantik, ini Penjelasan Pujiono Ketua KPU Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.com- Setelah melalui tahapan pembentukan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, sebanyak 852 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *