Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Kesehatan / Diduga Rawat Pasien Corona di Ruang Isolasi, Ini Penjelasan RSUD Jombang

Powered by free wordpress themes

Direktur RSUD Jombang saat di wawancara

Diduga Rawat Pasien Corona di Ruang Isolasi, Ini Penjelasan RSUD Jombang

Jombang, HarianForum.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang dikabarkan merawat seorang pasien di ruang isolasi. Kabar yang tersebar di masyarakat, pasien yang sakit batuk dan panas tersebut terjangkit virus corona atau Covid-19.

Saat dikonfirmasi wartawan, Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran membantahnya. Menurut dia, dalam pemeriksaan tim dokter, tidak ditemukan indikasi pasien tersebut terinfeksi virus Corona.

Pudji mengatakan, pasien yang kini dipantau perawatannya tersebut berjenis kelamin laki-laki dengan usia 70 tahun. Dia baru kembali dari luar negeri dan sudah empat hari lalu menjalani perawatan di ruang isolasi.

Saat itu, kata Pudji Umbaran, tim dokter yang menanganinya sempat berdebat terkait status pasien tersebut. Namun, dalam pemeriksaan tak ditemukan indikasi kuat pasien itu terinfeksi virus Corona.

“Memang ada satu pasien yang datang dari luar negeri usianya 70 tahun dan kondisi pasien batuk dan panas. Saat itu sempat dalam pembahasan serius di tingkat para spesialis terkait (penyakit) pasien tersebut,” kata Pudji.

Dari hasil observasi dari tim spesialis termasuk dari tim radiologi, pasien tersebut bukan kasus Corona. Saat ini pasien itu sedang dipantau oleh tim khusus di salah satu ruang pasien di bagian belakang rumah sakit. Lokasinya terpisah dari ruang inap pasien umum lainnya.

“Walaupun masih belum dinyatakan terkena atau suspect, namun kami harus waspada. Makanya, pasien kami rawat di ruang isolasi dengan penanganan dan tenaga medis, serta perlindungan yang sesuai standar,” ucapnya.

Puji menyampaikan, dalam satu bulan terakhir RSUD Jombang merawat empat pasien yang dicurigai terjangkit virus corona. Namun, tim dokter memastikan seluruh pasien itu negatif virus Corona. Mereka meninggalkan rumah sakit dengan kondisi sehat.

“Sampai dengan hari ini yang terkena ataupun suspect (virus corona) alhamdulillah belum ada dan mudah-mudahan tidak ada. Jika terdapat pasien yang dinyatakan suspect atau positif terjangkit, RSUD Jombang akan merujuknya ke rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk menangani pasien Corona,” lanjut Pudji.

Menurut Pudji, virus itu dapat ditangkal dengan kekebalan tubuh yang baik. Maka, yang pertama dilakukan tetap harus menjaga kondisi tubuh supaya prima. Artinya, makan harus bergizi, istirahat harus lebih dari cukup, minum air putuh harus cukup, dan harus cuci tangan sebelum makan atau memegang apapun.(Lil)

Check Also

Wujudkan Herd Immunity, Kapolres Bersama Forkopimda Nganjuk Tinjau Vaksinasi Di Ponpes

Nganjuk HarianForum.com,– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk menggelar serbuan vaksin merdeka semeru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *