Powered by free wordpress themes

Monday , September 27 2021
Home / Pariwisata / Di Gunung Bromo Air Diselang Membeku Akibat Cuaca Ekstrim

Powered by free wordpress themes

Di Gunung Bromo Air Diselang Membeku Akibat Cuaca Ekstrim

HarianForum.com- Menghadapi puncak musim kemarau, cuaca di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) cukup ekstreim. Bahkan, pada Sabtu (4/8/2018) pagi, air yang terdapat di dalam selang atau saluran air di kawasan Gunung Bromo berubah menjadi es. “Info teman-teman di Bromo tanggal 4 pagi, air di selang di sana jadi es,” kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat, Selasa (7/8/2018).

Sarif Hidayat menjelaskan, cuaca di kawasan TNBTS memang lebih dingin dari biasanya. Jika dini hari, suhu di kawasan itu bisa menyentuh 4 derajat celsius. Kondisi itu lebih dingin dari biasanya yang hanya berkisar di 10 hingga 17 derajat celsius. “Terakhir saya di Penanjakan Sabtu sampai Minggu tanggal 4-5 Agustus, pemantauan sekitar jam 2.30 WIB, cuaca sekitar 4 derajat celsius, Mas,” katanya.

Wisatawan yang hendak berlibur ke Gunung Bromo atau Semeru diimbau menyiapkan segala perlengkapannya untuk menahan dinginnya cuaca. “Wisatawan tetap waspada dan antisipasi dengan membawa baju atau jaket untuk meminimalisir hawa dingin,” tuturnya. Kepala Resort Ranupani pada TNBTS, Agung Siswoyo mengatakan, akhir-akhir ini kerap muncul es atau embun upas di kawasan Ranupani, Lereng Gunung Semeru.

Sarif Hidayat mengungkapkan “Kalau kondisi satu minggu yang lalu memang ada fenomena froz atau sering disebut embun upas oleh masyarakat Desa Ranupani. Fenomena ini biasa terjadi pada puncak musim kemarau sekitar bulan Juli dan Agustus setiap tahunnya”.

Mohammad Nurhuda, Kepala Stasiun Metereologi Kelas 1 Juanda, Surabaya, melalui siaran persnya, Jumat (3/8/2018), menyampaikan Agustus ini seluruh Jawa Timur akan memasuki puncak musim kemarau. Pada saat itu, cuaca pada malam dan pagi hari lebih dingin karena hembusan angin muson yang membawa massa udara dari Benua Australia.(Nur)

Check Also

WISATA KULINER MBADUG NGANJUK

Nganjuk, HarianForum.com- Kutha cilik sakngisore gunung Wilis, iku pantes dadi pacangkramaning pra turis.,yo kanca neng Sedhudha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *