Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Serba-serbi / Dari Kalimatan Selatan, Menggali Peluang Membangun Nganjuk

Powered by free wordpress themes

Ketua Paguyupan di Kalsel bersama Kang Marhaen(tengah, baju hitam garis) beserta anggotanya.

Dari Kalimatan Selatan, Menggali Peluang Membangun Nganjuk

Banjarmasin, HarianForum.com- Kang Marhaen sapaan akrap dari Wakil Bupati Nganjuk yang memiliki nama lengkap Dr, Drs, H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MH, MBA, Tidak hanya dalam tugas, saat senggangpun selalu muncul ide-ide, itulah Kang Marhaen yang saat ini Jum’at (18/10/2018) sedang di Kalimantan Selatan dalam rangka menghadiri undangan Presiden Hari Pangan SeDunia ke 38 tahun 2018 di Desa Jejangkit, Kecamatan  Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel dan Pameran Produk Khas Daerah di Halaman Kantor Gubernur Kalsel.

Kang Marhaen orangnya tidak suka diam, selalu memanfaatkan waktu-waktu senggang untuk bersilaturahmi, itu dilakukan sejak lama, dan menjadi kebiasaan, seperti yang dia lakukan saat ini, begitu ada kesempatan dan ada peluang langsung saja, silaturahmi ke orang-orang Nganjuk yang ada di Kalimantan Selatan.

Dia kumpulkan orang Nganjuk yang ada di Kalimantan Selatan, di dua tempat, pertama di Martapura di kediaman pengusaha sukses bidang  properti asal Nganjuk bernama Irawan, saat itu  dihadiri sekitar 20 an orang.

Keluarga besar Nganjuk di Kalsel.

Dalam pertemuan itu Kang Marhaen memberikan informasi perkembangan Kabupaten Nganjuk serta prospek usaha di Nganjuk, baik usaha yang langsung di Nganjuk maupun tidak langsung, misalnya produk dilakukan di Nganjuk namun pangsa pasarnya Kalimantan Selatan.

Keakrapan dan kekeluargaan terlihat begitu kental saat Kang Marhaen bercerita tentang tanah kelahirannya mulai dari dinamikanya hingga prospek kedepannya, dari situlah mereka mulai tumbuh rasa kebersamaan dan percaya diri, “Tidak perlu malu mengaku asli orang Nganjuk, namun harus bangga menjadi orang Nganjuk dan gemar pulang ke Nganjuk ,” ungkap Marhaen.

Pada kesempatan itu mereka sepakat untuk ikut berperan aktif dalam membangun tanah kelahiran melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Nganjuk, bahkan mereka menyepakati untuk membuat gerakan gemar mudik, hal ini dilakukan untuk bisa membangun dan mencintai kota kelahiran, “Dengan sering mudik maka mereka akan bisa melakukan jaringan bisnis UMKM, barang-barang produk Nganjuk bisa di pasarkan di Kkalimantan Selatan, jika itu terjadi maka peningkatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Nganjuk dipastikan bisa terpompa dengan baik dan mengakar, karena  salah satu sektor riel yang harus digarap adalah UMKM,” pungkas Marhaen.

Pertemuan berikutnya berlangsung di Hotel Nasa Banjarmasin, dalam suasana yang lebih akrap banyak hal yang dibahas, terutama harapan mereka terhadap Nganjuk, harapan muncul karena timbul rasa kepedulian terhadap tanah kelahiran, “Tak terasa hingga Waktu menunjukan pukul 01.00 dini hari,” ungkap Marhaen.

Kebersamaan dan kekompakan mereka berlanjut di lontong khas banjar, makan bersama dengan penuh keakrapan, terlihat hadir ketua paguyupan Kompol Hadi,  pengusaha sukses Puryani, Pengacara Edy dan istri serta orang Nganjuk di Gunung Kidul  Heru, dari pertemuan itu semua sepakat untuk berkontribusi membangun Kabupaten Nganjuk.(Nur/Bj)

Check Also

Ikuti Program Pejuang Muda Kemensos, Mahasiswi Unisba Blitar Ingin Mendapat Pengalaman

Blitar, HarianForum.com- Kesempatan untuk memperoleh pengalaman secara langsung di daerah pasca bencana, daerah kantong-kantong kemiskinan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *