Powered by free wordpress themes

Thursday , October 21 2021
Home / Uncategorized / Camat Kerek Harapkan PT SMI Perluas Cakupan CSR

Powered by free wordpress themes

Sugeng Purnomo, SIP Camat Kerek.

Camat Kerek Harapkan PT SMI Perluas Cakupan CSR

Tuban, HarianForum.com- PT. Semen Gresik yang tergabung dalam PT. SMI (Semen Indonesia, grup) telah hampir 23 tahun berdiri dibumi Tuban, diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia HM Soeharto pada 26 September 1994 silam BUMN penghasil semen tersebut saat ini telah memiliki empat unit pabrik,sejajar dengan industri pertambangan dan mineral lainya, PT SMI telah menjadi kiblat perkembangan industri dibumi Ronggolawe.

Sesuai dengan amanah undang-undang yang berlaku,perusahaan berkwajiban memberikan sebagian keuntungan bersihnya berupa tanggung jawab sosial atau CSR (Corporate Social Responbility) kepada masyarakat atau wilayah disekitar operasinya, berdasarkan data sampai saat ini telah dibeberapa desa yang mendapatkan hak-haknya, dan tersebar di empat kecamatan, salah satunya adalah kecamatan Kerek.

Selaku wilayah yang terdampak langsung oleh aktifitas pabrik, Kerek telah layak untuk mendapatkan perhatian yang lebih luas terhadap alokasi CSR ,hal itu diungkapkan Camat setempat, Sugeng Purnomo SIP, dalam sebuah kesempatan orang nomer satu dikecamatan tersebut berharap menejement SMI untuk lebih memperhatikan desa yang dikatagorikan non ring, “Sudah sepantasnya pihak pabrik semen ini memberikan sesuatu untuk yang diluar ring,ibarat bertetangga yang satu memasak,semua akan mencium baunya,” Ujarnya.

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan alasan pengembangan CSR diwilayahnya karena Pabrik tersebut beralamat di Kerek, “Alamatnya dikerek, jadi layaklah untuk yang belum tersentuh itu diberikan, meskipun tidak harus sama, toh adil tidak berarti sama..”, pungkas pria yang dikenal humoris tersebut.

Harapan senada disampaikan kepala desa Wolutengah, Rasdan, sebagai desa non ring telah disadari, meskipun demikian pihaknya menghimbau untuk sedikit dilirik, “Hanya berharap saja suatu saat diperhatikan, kami tidak berlebihan, tolong keberadaan gedung MI desa kami ditengok, ini untuk pendidikan keagamaan, patut dicatat betapa pentingnya pembentukan karakter berbasis agama saat ini,” tutur Kades Rasdan.

Menanggapi perihal tersebut,Kepala seksi bina lingkungan SMI, Siswanto, saat dikonfirmasi dengan deplomatis menjelaskan, jika CSR Semen indonesia menyeluruh diwilayah Kabupaten Tuban, meskipun demikian pihaknya terbuka dengan masukan itu, dipandang wajar jika wilayah yang dekat dengan pabrik ada nilai lebih, “CSR Kami meliputi wilayah Tuban secara keseluruhan,tapi meskipun begitu,untuk yang dekat insa allah ada perhatian beda,” tulis Siswanto, melalui pesan singkatnya.

Seperti diketahui, puluhan desa diseputaran pabrik Semen Gresik pabrik Tuban selama ini telah mendapatkan kucuran dana CSR senilai 250 juta pertahun setiap desa, dan dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi.(tbn 01)

Check Also

Klarifikasi PT. SBK Terkait Pemberitaan Rencana Pengusuran Warga Desa Sumberurip

Blitar, HarianForum.com- PT. SBK beri klarifikasi terkait judul berita “Terancam Tergusur, Warga Desa Sumberurip Wadul Anggota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *