Sunday , August 14 2022

Bupati Jombang Terjun Langsung Dalam Aksi Resik Kali

Jombang, HarianForum.com- Di sungai gude ploso di Jl. Raya Tembelang, pada Sabtu (06/10/2018) pagi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang bersama relawan ‘Santri Jogo Kali’ gelar aksi resik kali.

Dipimpin langsung oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab yang didampingi Wakil Bupati Sumrambah dan tampak ikut serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) serta sejumlah pejabat lainnya dalam kegiatan tersebut.

Bupati Hj.Mundjidah Wahab menerangakan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya memberi contoh pada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Salah satu cara sederhananya yakni tidak membuang sampah di sungai. “Dan ini adalah langkah awal aksi resik kali. Nantinya tidak hanya kali sungai gude saja yang dibersihkan. Namun juga sungai sungai yang lain,” ujarnya.

Dari kegiatan aksi resik kali ini, Bupati Hj. Mundjidah mengatakan kegitan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai sepenuhnya. Supaya bisa bermanfaat, baik itu untuk pertanian maupun untuk masyarakat itu sendiri yang membutuhkan air.

“Jadi ini kita ciptakan sungai yang bersih. Apalagi sekaran Jombang ada jalan tol, sehingga kalau orang turun jalan tol masuk ke Jombang yang dilihat dulu sungainya. Jadi sungai harus bersih,” lanjutnya.

Sementara dalam kegiatan tersebut, tampak Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, terjun langsung ke sungai untuk melakukan aksi resik kali bersama para elemen masyarakat.

Selanjutnya, untuk mempercantik sungai, kedepannya, Pemkab Jombang akan dibanguan taman di sepanjang aliran kali sungai gude ploso ini. Tentunya hal itu tidak dilakukan sendirian, namun juga melibatkan sejumlah pihak, seperti pelaku usaha hingga perbankan. “Wajah Kabupaten Jombang tentunya akan semakin cantik,” tutur Hj.Mundjidah.(Pem/Nur)

Check Also

Puluhan Buruh Demo Mendesak Pemerintah Supaya Cabut UU Omnibus Law

Jombang, Harianforum.com- Puluhan buruh yang tergabung dalam GSBI (Gabungan Serikat Buruh Indonesia) dan SBPJ (Serikat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.