Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Pertanian / Budidaya Kambing Etawa, P4S Bina Usaha Mandiri Jadi Tempat Permagangan dan Pelatihan

Powered by free wordpress themes

Budidaya Kambing Etawa, P4S Bina Usaha Mandiri Jadi Tempat Permagangan dan Pelatihan

Nganjuk, HarianForum.com- Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) tidak hanya melaksanakan kegiatan yang terfokus pada kegiatan pertanian atau budidaya sayuran. Namun lebih dari itu, P4S juga melaksanakan kegiatan peternakan dan budidaya hewan ternak. Peternakan atau budidaya hewan ternak yang lebih ramah lingkungan dan bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Seperti halnya Wijiono, Ketua P4S Bina Usaha Mandiri yang sudah bertahun-tahun menggeluti peternakan kambing etawa. Begitu banyak orang silih berganti mendatangi Wijiono hanya untuk menimba ilmu peternakan miliknya. Karena semakin banyaknya orang yang datang dan merasakan manfaat dari ilmu yang telah diberikan oleh Wijiono, peternakan milik Wijiono berkembang menjadi pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S).

P4S Bina Usaha Mandiri yang berlokasi di Desa Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk ini berfokus dalam bidang budidaya kambing PE dan domba serta penggemukan. Lambat laun P4S Bina Usaha Mandiri terus mengalami perkembangan yang baik, bahkan sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Selain itu,kambing etawa yang di budidaya Wijiono tidak hanya untuk pembibitan namun juga di kembangkan melalui produk susu etawa.

“Banyak orang yang datang kesini untuk belajar beternak kambing etawa. P4S ini juga sudah bekerjasama dengan beberapa pihak. Semoga ilmu yang saya berikan bisa bermanfaat bagi banyak orang,” kata Wijiono.

Selain ditempati permagangan dan pelatihan, belum lama ini Wijianto juga sering di undang sebagai narasumber di berbagai tempat untuk mengajarkan ilmunya. Seperti halnya pada kegiatan padat karya produktif bidang pengembangan usaha ternak kambing yang bekerja sama dengan lembaga masyarakat desa hutan “sidoasih” Desa Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk serta Replikasi Workshop Teknik Peternak Kambing Etawa di Desa Sumberurip.(Nur)

Check Also

Seandainya Ada SL PHT, Gejala Dan Populasi Hama Bisa Diketahui

Blitar, HarianForum.com- Terbentur adanya kegiatan, HarianForum.com belum berhasil menemui kepala dinas Pertanian dan Pangan kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *