Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Peristiwa / Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar Tuban Diamankan Satpol-PP di Cafe

Powered by free wordpress themes

Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar Tuban Diamankan Satpol-PP di Cafe

Tuban, HarianForum.com- Sedang asik nongkrong di warung kopi saat jam pelajaran berlangsung, puluhan Pelajar diamankan satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) dalam operasi ” Kasih sayang” uang digelar Satpol-PP gabungan dengan Dinas pendidikan Kabupaten Tuban, maupun cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, beserta TNI dan Polri, Rabu ( 13/11/2019).

Dalam operasi tersebut petugas gabungan berhasil mengamankan sebanyak 25 pelajar, yang sedang asik nongkrong di beberapa warung kopi ketika kegiatan belajar mengajar masih berlangsung.

“Pada gelar operasi sayang ini kita berhasil mengamankan kurang lebih 25 pelajar,” jelas Joko Herlambang Kasi Operasi dan pengendalian.

Tambah Joko Sapaan akrabnya, dalam operasi ini kedatangan petugas gabungan tersebut sempat membuat para siswa berhamburan, bahkan beberapa siswa ada yang bersembunyi di kamar mandi untuk mengamankan diri dan menghindari petugas. Namun petugas tetap dapat menemukan para siswa dan membawanya ke kantor Satpol-PP.

“Tadi pas kami datang di salah satu warung kopi, membuat para siswa berhamburan bahkan ada yang bersembunyi,” tambahnya.

Untuk memberi efek jera, Semua para siswa kita bawa ke kantor untuk diberikan pembinaan, serta guru dari sekolah yang bersangkutan akan dipanggil dan akan diberi pembinaan, Semantara itu kami juga menghimbau bagi pihak sekolah agar lebih aktif dalam mengawasi anak-anak didiknya, terutama di jam-jam sekolah.

“Kami harap pihak sekolah berperan aktif dalam mengawasi anak didik mereka, karena di jam pelajaran, seluruh siswa-siswi yang dititipkan orang tuanya di sekolah adalah tanggung jawab penuh pihak sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, Bidang SMP Bagian Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Yatemo mengaku bahwa, dalam kegiatan Operasi Kasih Sayang ini sengaja dilakukan untuk memberi efek jera kepada para siswa yang bolos saat jam pelajaran berlangsung.

“Yang punya siswa adalah kami, paling tidak dalam kegiatan ini bisa memberi efek jera kepada siswa kami dan dapat meminimalisir kenalan pelajar,” terangnya.

Untuk itu pihaknya akan memanggil pihak sekolah, baik dari kesiswaan maupun Bimbingan Konseling (BK) untuk dilakukan pembinaan lanjutan.

“Mereka yang terjaring akan kami kembalikan lagi kepada pihak sekolah untuk dilakukan pembinaan lanjutan,” pungkasnya.

Turut Diketahu ke 25 siswa dari 8 sekolah yang terjaring Operasi Kasih Sayang ini meliputi siswa dari SMPN 4 Tuban, sebanyak 7 siswa, SMPN 3 Semanding sebanyak 3 siswa, dan siswa MTsN 3 Tuban diamankan 1 siswa.

Selanjutnya dari SMKN 1 Tuban mendapatkan 1 orang pelajar, SMAN 4 Tuban ada 1 siswa, SMK TJP sebanyak 5 siswa, SMK YPM ada 1 siswa, SMK PGRI 1 Tuban diamankan 1 siswa, SMK PGRI 2 Tuban ada 1 siswa, dari SMK Pelayaran Muhammadiyah diamankan 2 siswa, dan dari SMK Pelayaran Kristen terdapat 1 siswa.(tbn01)

Check Also

Pria Asal Pasuruan Ini Ditemukan Tergeletak Bersimbah Darah, Begini Kronologinya

Nganjuk, HarianForum.com- Warga Desa Gentong Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pasuruan MH (19) ditemukan tergeletak bersimbah darah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *