Powered by free wordpress themes

Friday , September 24 2021
Home / Serba-serbi / Blitar Agro Festival , Semangat Mendorong Serta Mengangkat Potensi Hasil Pertanian di Kabupaten Blitar

Powered by free wordpress themes

Atraksi tarian menggambarkan rasa syukur yang ditampilkan salah satu peserta Blitar Agro Festival 2018.

Blitar Agro Festival , Semangat Mendorong Serta Mengangkat Potensi Hasil Pertanian di Kabupaten Blitar

Blitar, HarianForum.com- Seratus lebih kendaraan roda empat dan alat mesin pertanian yang dihiasi hasil pertanian melakukan arak-arakan pawai  Blitar Agro Festival. Agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun ini  mengambil tema Meningkatkan Daya Saing Produk Pertanian. Diikuti gabungan kelompok tani atau gapoktan seluruh kecamatan di kabupaten Blitar atau  22 kecamatan, pawai kendaraan yang dihiasi hasil pertanian baik  tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan juga hasil perternakan membuat suasana meriah. Dan kemeriahan  warga yang  melihat, semakin antusias pada saat  hadirnya  atraksi kesenian tradisional  ditampilkan oleh  peserta pawai kendaraan hias.

Bupati Blitar, Rijanto sebelum memberangkatkan peserta pawai kendaraan menyampaikan,  bahwa dengan digelarnya Blitar Agro Festival bertujuan selain  mendorong juga  mengangkat potensi hasil pertanian di kabupaten Blitar. Bahkan bupati Blitar menyampaikan festival yang digelar merupakan  salah satu media promosi dan sebagai bentuk  pemerintah kabupaten Blitar sangat peduli  di sektor  pertanian.Harapan Bupati Blitar untuk  kedepan  disamping  mendorong, Blitar Agro festival juga mampu meningkatkan daya saing produk pertanian yang terdapat di kabupaten Blitar. Selain itu harapannya juga bisa memberikan semangat  berinovasi  bagi petani untuk dapat terus  mengembangkan produk pertanian tidak hanya sisi kuantitas namun adanya peningkatan kualitas.

Rijanto menyampaikan pesan, ” Bahwa pertanian di kabupaten Blitar mempunyai potensi yang sangat luar biasa, maka potensi tersebut  harus kita kembangkan  dan ditingkatkan baik segi kuantitas maupun kualitas. Maka  untuk sektor pertanian di kabupaten Blitar kita yakin akan semakin berkembang dengan pesat. Pemkab Blitar melalui dinas yang  terkait akan terus menerus mendorong kepada para petani di kabupaten Blitar untuk terus maju dan berkembang,” pesannya dalam sambutan menjelang pemberangkatan pawai kendaraan hias, di depan kantor desa Tlogo kecamatan Kanigoro Blitar.

Sementara inisiator Agropolitan Kanigoro, Mujianto sangat mengapresiasi pemerintah kabupaten Blitar dan dinas Pertanian kabupaten  Blitar yang tetap meagendakan Blitar Agro Festival yang akan digelar mulai tanggal  3 sampai 5 Desember 2018. ”Kami sangat mengapresiasi kegiatan agro festival yang digelar oleh  dinas pertanian dan pangan kabupaten Blitar.Dengan tetap dijadwalkan dan digelarnya kegiatan  akan memotivasi para petani untuk menghasilkan  hasil unggulan yang mempunyai nilai kualitas dan kuantitas,“ ucap Mujianto.

Namun menurutnya , pagelaran acara lebih bijak tidak selalu dilaksanakan di tempat yang terus menerus sama, namun acara yang melibatkan gabungan kelompok petani, lebih bijaknya acara tahunan  digelar dengan lokasi  bergantian. ”Seandainya festival  tersebut digelar secara bergantian di desa yang mempunyai kegiatan budaya lokal dan waktu digelarnya tepat dengan  acara budaya , akan memiliki nilai ketertarikan publik  yang signifikan,” ujar Mujianto yang menginisiasi terselenggaranya  Blitar Agrofestival yang awalnya hanya untuk kecamatan kanigoro tahun 2012.(Anis)

Check Also

Polres Nganjuk Terus Gelar Vaksinasi Semeru 2021 Di 3 Lokasi Sekaligus

Nganjuk, HarianForum.com– Bertempat di 3 titik sekaligus, Rabu (22/09/2021) Polres Nganjuk menggelar giat vaksinasi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *