Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Kesehatan / Bisa Fatal, Ketika Tulang Sendi Tidak Dijaga

Powered by free wordpress themes

Ilustrasi

Bisa Fatal, Ketika Tulang Sendi Tidak Dijaga

Jombang, HarianForum.com – Tanpa disadari terkadang kita menyepelekan hal-hal yang sifatnya fatal, seperti halnya menjaga tulang sendi, tidak harus mahal, banyak cara untuk menjaga tulang sendi. Tidak hanya makanan yang tepat, tetapi dengan olahraga ringan pun tulang sendi bisa tetap terjaga.

Tidak harus diruangan yang dipenuhi dengan peralatan mahal atau room fitnes akan tetapi berjalan santai dengan mengirup udara segar di tengah lapangan dipagi hari atau di alun-alun Jombang pun bisa kita lakukan.

Seperti yang diketahui bahwa manusia memiliki banyak tulang yang saling terhubung. Setidaknya tubuh manusia memiliki sekitar 206 tulang yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan sendi.

Adanya sendi ini berfungsi untuk membuat tulang bisa bergerak secara bebas. Maka dari itu, sendi memiliki peran yang sangat penting pada bagian tubuh manusia dan sangat penting untuk dijaga agar tetap berfungsi dengan baik.

Meskipun begitu, seringkali banyak orang tanpa disadari telah menurunkan fungsi sendi ini. Seperti aktivitas berat yang menuntut tubuh untuk menahan beban yang cukup berat, seperti membawa beban, mengangkat barang atau posisi yang salah ketika duduk. Sehingga mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas.

Dibawah ini HarianForum.com akan mengulas tentang cara menjaga kesehatan sendi-sendi anda.

1. Hindari Duduk Terlalu Lama
Bagi para pegawai kantor, duduk menjadi hal yang sering dilakukan, apalagi ketika bekerja menghadapi monitor komputer. Padahal duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan beberapa gangguan yang menyerang bagian-bagian tubuh tertentu, terutama bagian sendi.

Maka dari itu, sebaiknya hindari duduk terlalu lama. Anda harus selingi dengan berdiri atau berjalan pendek agar sendi menjadi lemak dan tidak kaku.

2. Luangkan Waktu Untuk Istirahat
Ketika bekerja tentu saja ada waktu luang yang telah disedikan untuk berisitirahat. Manfaatkan waktu istirahat tersebut untuk mengistirahatkan tubuh dan rilekskan tubuh Anda sehingga ketika Anda bekerja kembali menjadi lebih maksimal. Ketika tubuh berisitirahat dengan tenang, maka bagian sendi juga menjai lebih rileks.

3. Makanan Yang Tepat
Makanan juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Karena itu, pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang tepat sehingga baik bagi tubuh termasuk baik juga bagi kesehatan tulang dan bagian sendi anda.

Untuk membantu dalam proses pembentukan sel-sel sendi yang sehat bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan vitamin C, vitamin D dan juga kalsium.

4. Jaga Berat Badan
Untuk menjaga kesehatan sendi, menjaga berat badan merupakan salahsatu hal yang harus diperhatikan. Berat badan akan memberikan beban pada persendian, misal pada sendi lutut, pinggul dan punggung.

Hal tersebutlah yang menjadikan masalah sendi pada orang yang memiliki berat badan berlebih. Jika Anda memiliki berat badan berlebih sebaiknya segera turunkan berat badan Anda sehingga tekanan sendi akan menjadi lebih berkurang. (Hrs/Frm)

Check Also

Jaga Imunitas, Kapolres dan Dandim Nganjuk Gowes Bareng

Nganjuk, HarianForum.com – Kapolres Nganjuk AKBP. Jimmy Tana, S.I.K., dan Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *