Powered by free wordpress themes

Monday , September 27 2021
Home / Serba-serbi / Beternak Ayam Bangkok Sangat Menjanjikan

Powered by free wordpress themes

Ayam Bangkok Pilihan

Beternak Ayam Bangkok Sangat Menjanjikan

Jombang, HarianForum.com – Beternak ayam bangkok sangat menjanjikan karena peminatnya pun sangat banyak, selain itu kita juga dapat memperoleh keuntungan yang tidak sedikit bila beternak ayam bangkok.

Dengan DOC (Day Old Chicken) umur satu minggu biasanya bisa laku 50 ribu tergantung jenisnya, umur satu bulan biasanya harga dipatok sekitar 75 sampai 100 ribu.

Kali ini Harian Forum akan menjelaskan mengenai cara memilih ayam bangkok berkualitas juara. Untuk mendapatkan ayam juara sebaiknya kita mulai dengan cara mambesarkannya dan merawat ayam dari kecil.

Ciri-ciri Ayam Bangkok yang Bagus
Dalam memilih ayam bangkok, carilah ayam yang berusia maksimal 8 bulan. Untuk mendapatkan ayam bangkok tersebut, ayam harus dalam keadaan sehat dari anakan sampai usia dewasa. Karena akan berpengaruh terhadap stamina ayam juara tersebut nantinya.

Kita harus menganalisa dan memahami ciri fisik ayam bangkok mulai dari tubuh ayam, kaki, pangkal ekor, sayap, leher, kepala dan paruh. Adapun cirinya sebagai berikut:

1.Kaki ayam Bangkok
Kaki ayam merupakan senjata utama ayam bangkok. Kaki ayam juara harus kecil dan kering dengan jari-jari sangat kecil dengan kuku-kuku yang tajam serta sisik kaki tebal, berbentuk ubet. Dengan kata lain semakin sedikit jumlah sisik kaki ayam bangkok, maka semakin kuat pukulannya.

2.Jarak Kedua Kaki Ayam
Khusus untuk ayam bangkok yang mengandalkan tajinya, kaki harus merapat, untuk ayam bangkok pukul, jarak kedua kaki sedikit melebar. Karena ayam yang jarak kedua kakinya terlalu lebar, ayam akan sulit menghindar saat lawan akan memukulnya. Kita harus pahami dahulu sebelum kita pilih, apakah ayam itu mengandalkan taji atau pukul. selanjutnya jangan lupa perhatikan pangkal ekor ayam bangkok tersebut.

3.Pangkal Ekor Ayam Bangkok
Pangkal ekor Ayam Bangkok harus rapat dan kaku, anda dapat menganalisa dengan cara memegang pangkal ekor ayam dengan jari telunjuk dan ibu jari. Jika jari telunjuk bisa menembusnya berarti kurang rapat pangkal ekornya. Hindari ayam demikian itu. karena bisa berpengaruh terhadap pernapasan ayam.

Nafas ayam bukan berarti udara yang keluar masuk dari hidungnya. Melainkan kekuatan dan daya tahan ayam. Sedangkan pangkal ekor ayam yang kaku menunjukkan tulang ayam betul-betul kuat dengan pertumbuhan ayam yang sempurna.

Demikian ulasan mengenai cara memilih ayam bangkok berkualitas juara, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda semua. (Sa/Frm)

Check Also

Kapolda Jatim Hadiri Upacara Peringatan HUT UU Nomor 5 Tahun 1960 di Kantor Kanwil BPN Prov Jatim

Surabaya, HarianForum.com- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *