Pertanian

Beginilah, Akibat Serangan Wereng

×

Beginilah, Akibat Serangan Wereng

Sebarkan artikel ini
Endemik Wereng

Jombang, HarianForum.com – Hama wereng, sangatlah menakutkan bagi petani, tak terkecuali petani di Kabupaten Jombang, karena itu HKTI bergerak serentak melakukan penyemprotan dimana-mana.

Seperti yang disampaikan Budi Agustomo Sekretaris HKTI Provinsi Jawa Timur, menurutnya petani harus waspada, karena hama ini serangannya sudah bersifat endemik, dan tidak mengenal varitas apapun.

Pada varitas tertentu seperti halnya M70 misalnya, lebel putih pun sebagian juga diserang, karenannya petani diharapkan betul-betul waspada dan bergerak cepat, “Jangan sampai kita kalah cepat dengan hama wereng, sekali lengah kita akan alami gagal panen”. Ungkapnya.

Dengan varitas yang sama, di daerah Geger Kabupaten Madiun hamparan seluas 25 hektar masih bisa diselamatkan karena diantisipasi sejak awal.

HKTI bergerak bersama masyarakat melakukan penyemprotan langsung, di wilayah Jombang Madiun dan sekitarnya, dengan harapan dapat mengendalikan hama, walau hasilnya belum seperti yang diharapkan bersama.

Jadi Pejabat jangan gengsi untuk turun kesawah bersama petani, harus berani didepan demi kepentingan masyarakat, tambah Budi (snk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *