Powered by free wordpress themes

Friday , September 24 2021
Home / Galeri Bisnis / Bakalan Kambing Ini Tersedia Di Kelompok Ternak Banyon Putra

Powered by free wordpress themes

Kambing Bakalan (Kiri) Santoso Ketua Banyon Putra (Kanan)

Bakalan Kambing Ini Tersedia Di Kelompok Ternak Banyon Putra

Jombang, HarianForum.com – Kelompok ternak Banyon Putra menyediakan bakalan kambing unggul dengan beberapa jenis kambing, ada PE peranakan etawa, kambing boor, kambing kacangan dan kambing brenggoloan. Seperti apa mereka memulai usaha jual beli bakalan kambing ini, simak kisahnya di HarianForum.com.

Untuk mengurus kelompok tak semudah membalikkan telapak tangan, walaupun mereka satu komunitas tetapi karakter tetap berbeda. Diperlukan keseriusan dan kesabaran khusus untuk menjadi ketua kelompok.

Santoso, ketua kelompok ternak Banyon Putra Dusun Banyon, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Sejak tahun 2003 dirinya memulai usaha dari nol.

Pria yang biasa disapa Pak Brewok ini mengatakan, “Pada awalnya para peternak di Dusun Banyon ini memelihara kambing hanya untuk samben saja, akan tetapi setelah saya memprakarsai sebuah kelompok ternak, mereka mulai berfikir lain, yakni dengan adanya budidaya kambing mereka mulai berorientasi pada bisnis.”

Saat budidaya kambing ini mulai dijadikan bisnis, kelompok ternak Banyon Putra terus berkembang. Dapat dilihat dari populasi kambing yang semakin meningkat.

Polulasi awal pada tahun 2013 sebanyak 85 ekor kambing, dengan jumlah indukan 45 ekor, pejantan 9 ekor, calon indukan 16 ekor dan calon pejantan 15 ekor. Sedangkan populasi akhir pada tahun 2017 sebanyak 150 ekor kambing, dengan jumlah indukan 60 ekor, pejantan 12 ekor, calon indukan 40 ekor, calon pejantan 25 ekor, peranakan betina 8 ekor, dan peranakan jantan 5 ekor.

Tidak hanya sebatas perkumpulan peternak kambing saja, kini Banyon Putra sudah melakukan usaha dengan cara jual beli kambing.

Bila anda membutuhkan bakalan untuk budidaya baik building maupun vetening dapat menghubungi Santoso (Pak Brewok) di nomor 082139682958. (dro/nur)

Check Also

Pagi Sore : Kuliner Kota Blitar, Sego Pecel Dan Soto Bening

Blitar, HarianForum.com- Dituturkan Endang Luriwati pemilik warung sego pecel pincuk bambu yang berlokasi di jalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *