Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Serba-serbi / Badak Jawa Bernama Samson Ini Mati, Populasinya Tinggal 68 Ekor di Ujung Kulon

Powered by free wordpress themes

Badak Bercula Satu Ditemukan Mati di Pinggir Pantai (det)

Badak Jawa Bernama Samson Ini Mati, Populasinya Tinggal 68 Ekor di Ujung Kulon

Cilegon, HarianForum.com – Di temukan Badak Jawa tewas di pantai Ujung Kulon pada hari Senin (23/4/18), badak ini ditemukan dalam keadaan utuh, di tubuh badak yang bernama Samson ini tidak ditemukan bekas perburuan, diduga tewas karena faktor usia, dan diperkirakan badak ini berumur 30 tahun.

Dalam monitoring populasi badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), terdapat 67 individu. Namun pada Februari 2018 kamera tersembunyi milik taman nasional menemukan kelahiran dua individu baru. Dikurangi kematian badak bernama samson, saat ini hanya ada 68 badak yang tersisa di ujung Pulau Jawa.

Untuk memastikan penyebab kematian badak tersebut, tim dari IPB dan WWF Ujung Kulon telah mengambil sampel usus, jantung, dan hati. Sedangkan kedua anakan badak ini belum diberi nama karena jenis kelaminnya belum teridentifikasi. Pihak balai memberikan identitas untuk masing-masing badak ini, yaitu ID:073.2018 untuk anakan dari badak yang bernama Puri dan ID:074.2018 untuk anakan dari badak yang bernama Dewi.

Untuk melindungi jenis spesies ini, pemerintah melakukan perlindungan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan Satwa Liar, karena Badak Jawa sendiri merupakan spesies yang masuk Apendiks 1 Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (Cites) yang jumlahnya sangat sedikit, dan sangat dikhawatirkan terjadi kepunahan dari alam. (Det/Frm)

Check Also

Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk Kembali Gelar Vaksinasi Guna Wujudkan Herd Immunity 

Nganjuk, HarianForum.com– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk kembali lakukan giat vaksinasi covid-19, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *