Powered by free wordpress themes

Tuesday , October 19 2021
Home / Ekonomi / Awal Juni, Ratusan Desa di Jatim Terancam Kekeringan

Powered by free wordpress themes

Ilustrasi Kekeringan (ok/zn)

Awal Juni, Ratusan Desa di Jatim Terancam Kekeringan

Surabaya, HarianForum.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur telah memperkirakan ratusan desa di 23 daerah di Jawa Timur terancam kekeringan pada musim kemarau awal bulan Juni mendatang. Diperkirakan ada 422 desa di 23 kabupaten mengalami kekeringan, dan seperempat dari total tersebut adalah daerah Madura.

“Diperkirakan daerah yang mengalami kekeringan di Madura yaitu Sampang sebanyak 37 desa, Bangkalan sebanyak 25 desa, Sumenep sebanyak 30 desa dan Pamekasan sebanyak 32 desa.” Jelas Kasubag Program dan Perencanaan BPBD Jatim, Bambang Munarto, hari Selasa (1/5/18) di Surabaya.

Bambang juga menambahkan bahwa, kekeringan juga dilanda di daerah Kawasan Tapal Kuda dan Mataram, seperti Situbondo, Pacitan, Bondowoso, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Ponorogo hingga Bojonegoro. Sebagian besar kekeringan terjadi di kawasan perbukitan.” Pungkasnya.

Langkah yang diambil untuk menanggulangi masalah tersebut yakni dengan dropping air bersih pada wilayah tersebut, diprioritaskan dropping dilakukan kepada daerah yang tidak memiliki sumber air sama sekali. Sedangkan yang masih ada sumber air akan dibuatkan sumur bor. (Krn/Jkt/Frm)

Check Also

Terdata 20.428 Ribu Lebih Pelaku UMKM Di Kabupaten Blitar

Blitar, HarianForum.com- Siti Umi Sofiah, sebelum adanya pasar dalem UMKM dalam kesehariannya berdagang capar punten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *