Selasa , Desember 6 2022
46 views
Buah Nanas Dapat Melancarkan Pencernaan

Atasi Masalah Pencernaan Dengan Buah Nanas

Jombang, HarianForum.com – Kita sudah tidak asing dengan buah yang memiliki mahkota dan berwarna kuning ini. Tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa buah nanas yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. Gizi yang bisa anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut bermanfaat, ada unsur lain dari nanas yang berperan baik untuk sistem pencernaan manusia.

Simak apa saja manfaat mengejutkan dari buah nanas dari HarianForum.com berikut ini.

1. Mengandung Enzim Baik Untuk Pencernaan
Menurut Medical Center di Maryland Universiy, buah nanas juga memiliki enzim pencernaan baik, yang disebut bromelain.

Enzim ini merupakan campuran dari enzim proteolitik yang membantu usus anda memecah dan menyerap protein lebih banyak. Manfaat lain dari bromelain ini juga mampu meringankan masalah perut seperti, sakit perut dan diare.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah nanas secara alami memiliki kandungan yag kaya serat. Fungsi kaya serat ini, baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Biasanya, makanan yang tinggi serat agak susah larut dicerna, tapi tidak dengan buah nanas.

Manfaat buah nanas untuk pencernaan ini tidak sampai situ saja, nanas memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus anda. Untuk sistem penceranaan yang normal , anda perlu mengonsumsi 14 gram total serat dari 1000 kalori perharinya, dan itu bisa anda dapatkan pada buah nanas.

Menurut Colorado State University Extension, makan buah nanas setengah potong mengandung 2,2 gram total serat makanan.

3. Buah Nanas Menangkal Sakit Akibat Perut Kembung
Biasanya, kembung ditandai dengan perut yang membesar dan ada tekanan gas yang lebih kuat. Anda tidak perlu pusing mengobatinya. Cukup dengan makan buah nanas makanan lain yang menyebabkan refluks atau gas pada pencernaan muncul, bisa diredakan secara alami.

Kembali lagi dengan kandungan bromelain dan fiber dari buah nanas yang bermanfaat untuk sistem pencernaan, bromelain memiliki sifat yang menenangkan pada perut Anda.

4. Mencegah Kanker Usus
Makan buah nanas untuk pencernaan juga bagus untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Buah nanas juga mampu menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

Meskipun buah nanas sangat bermanfaat bagi pencernaan, kita juga tidak boleh terlalu sering mengonsumsi buah nanas secara berlebihan, agar kesehatan tubuh kita juga tetap terjaga. (Mft/Frm)

Check Also

Bulaga Sumobito, RSUD Ploso Kenalkan Berbagai Macam Layanan Pada Masyarakat

Jombang, HarianForum.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ploso Jombang berkomitmen memberikan pelayanan yang cepat dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *