Selasa , Desember 6 2022
30 views
APPR1 Demo di Depan Kantor Semen Indonesia Pabrik Tuban

APPR1 Geruduk SI Minta Dipekerjakan

Tuban, HarianForum.com – Kelompok pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Pengangguran Ring 1 (APPR1) kembali menggeruduk Kantor Semen Indonesia Pabrik Tuban, Kamis (14/12/17). Kedatangan mereka ini merupakan kali kedua setelah minggu lalu tidak puas atas hasil haering dengan bina lingkungan.

Hasil pantauan awak media di lapangan, masa datang secara bergelombang mulai jam 09.00 WIB menggunakan sepeda motor dan langsung mendapat penghadangan dari aparat keamanan di pintu masuk Gedung Utama Semen Indonesia.

Meskipun hadir dengan massa yang lebih banyak dua kali lipat dari sebelumnya, namun pihak Semen Indonesia enggan menanggapi. Hingga pukul 12.00 WIB, massa aksi masih bertahan tanpa ada perwakilan bina lingkungan yang menemui.

Merasa kecewa atas sikap acuh dari perusahaan plat merah ini, kelompok pemuda sempat bersitegang dengan aparat keamanan. Mereka memaksa masuk dan berbuntut pada insiden aksi dorong dengan aparat.

“Kami adalah warga pribumi, pemilik sah kekayaan alam yang dieksploitasi oleh Semen Indonesia. Tapi kenapa untuk berdialog saja kami ditolak. Apakah karena kami ini para pengangguran?” Teriak Huda, Korlap Aksi dari Desa Pongpongan.

Dalam aksinya ini, kelompok APPR1 ini menuntut agar rekrutmen tenaga kerja oleh para vendor di lingkup pabrik Samen Indonesia dilakukan secara terbuka dan mengedepankan pendekatan pro poor.

Pasalnya, menurut APPR1, vendor-vendor yang menjadi subkontraktor Semen Indonesia tidak pernah secara terbuka mengumunkan proses rekrutmen. Karena itu, masyarakat miskin yang tidak memiliki akses langsung pada vendor-vendor terkait, sulit untuk bisa bekerja.

“Vendor Pembersihan Tuban 3 dan 4 harus memberi peluang bagi pemuda pengangguran yang ada di Ring 1 untuk ikut menjadi tenaga kerja. Jangan ada monopoli. Jangan ada KKN.” Tambah Sutrisno, dari Desa Karanglo.

Diakhir aksinya, kelompok pemuda ini sempat menggelar doa bersama dengan membawa tumpeng. Mereka berharap semoga Semen Indonesia lekas tersadar bahwa mereka hadir dengan tanggung jawab lingkungan. Bukan semata-mata untuk mengeksploitasi kekayaan alam.

Sebelum membubarkan diri, para pendemo ini juga mengancam akan melanjutkan aksi pada minggu depan dengan massa yang lebih besar, hingga pihak Semen Indonesia memenuhi tuntutannya.

“Sekali lagi Semen Indonesia telah mengecewakan warga Ring I, karena itu minggu depan kami akan kembali lagi kesini dengan massa yang lebih besar.” Pungkas Witono, anggota aliansi dari Desa Gaji menyudahi. (whin/nur)

Check Also

Kurang Konsentrasi Saat Berkendara, Satu Toyota Rush Terjun Bebas Keluar Jalur Tol

Nganjuk, HarianForum.com- Lagi-lagi terjadi selip (terpeleset) di jalan Tol yang melibatkan kendaraan Toyota Rush terpental …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *