Berita

Puan Maharani Kembali Menjabat sebagai Ketua DPR RI Periode 2024-2029

10
×

Puan Maharani Kembali Menjabat sebagai Ketua DPR RI Periode 2024-2029

Sebarkan artikel ini

Jakarta, HarianForum.com – Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani, kembali ditetapkan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Paripurna dengan agenda penetapan pimpinan DPR yang berlangsung pada Selasa (1/10/2024), di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Rapat tersebut dipimpin oleh pimpinan sementara DPR RI, Guntur Sasono (Fraksi Demokrat) dan Annisa M.A. Mahesa (Fraksi Gerindra). Selain Puan Maharani, DPR juga menetapkan empat Wakil Ketua DPR RI.

“Sesuai dengan hasil rapat konsultasi pimpinan sementara DPR dan perwakilan partai politik pada 1 Oktober 2024, pimpinan DPR RI periode 2024-2029 terdiri dari Puan Maharani dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPR RI; Adies Kadir dari Fraksi Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI; Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI; Saan Mustopa dari Fraksi NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI; dan Ahmad Sjamsurijal dari Fraksi PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI,” jelas Guntur Sasono.

Selanjutnya, Guntur menanyakan kepada peserta rapat apakah mereka menyetujui penetapan tersebut.

“Apakah dapat disetujui dan ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029? Saya minta pendapatnya,” tanya Guntur.

“Setuju,” jawab peserta rapat secara serempak.

Ketua DPR RI periode 2024-2029, Puan Maharani, menyampaikan pesan kepada para anggota dan pimpinan DPR RI yang baru dilantik. Menurut Puan, kekuasaan dan kewenangan yang diberikan oleh rakyat seharusnya dimanfaatkan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat.

Puan menekankan bahwa terpilihnya mereka sebagai anggota DPR RI adalah hasil dari mandat dan kepercayaan rakyat.

“Setiap kali Pemilu usai dan rakyat telah menentukan wakil-wakilnya, harapan selalu menyertai bahwa ke depan, kekuasaan yang diberikan rakyat kepada kita, para anggota DPR RI, dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Puan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR 2024-2029, yang berlangsung di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan.

Lebih lanjut, Puan menegaskan bahwa mandat tersebut adalah tanggung jawab yang harus dipikul bersama oleh seluruh anggota DPR RI. Ia juga mengingatkan bahwa Indonesia akan menghadapi berbagai tantangan dalam upaya membangun bangsa di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *