Monday , August 15 2022

Di Tinggal ke Ladang, Satu Rumah Dibangilan Terbakar

Tuban, HarianForum.com- Kebakaran yang meludeskan seisi rumah terjadi RT 01 RW 2 di Desa Kablukan Kecamatan Bangilan menimpa rumah milik mbah Sujani (70th) seorang takmir masjid sebagai bendara masjid At taqwa desa setempat, Selasa (19/02/2019).

Pantauan dilapangan, kebarakan yang meratakan seisi rumah menjadi arang itu, terjadi pagi pukul 09.00WIB milik Sujani (70th). Api yang ditenggarai berasal dari bediang (bakaran jerami) yang berlokasi dipinggir belakang rumahnya. kemudian, dari terpaan anggin api merambat disisi belakang rumah yang terbuat dari bahan kayu jati. Lalu, dengan cepat merambat ke sisi rumah bagian belakang, tengah sebanyak 4 emyak (bidang) dan 1 kandang sapi.

Menurut saksi mata dilapangan, Supaji (45th) menyebutkan. Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong Mbah Tuminem sedang diluar rumah menjemput cucunnya, Nafisah di sekolah . Sedangkan, suaminya, Sujani lagi beraktifitas di ladang atau sawah. Sedangkan, putranya ayah Nafisah, Rahmat (48th) saat itu juga bekerja di kantor Kemenag Tuban.
” Melihat kepulan asap yang pekat di lokasi rumah Mbah Sujani. Banyak tetangga baru tersadar dan mengetahui adannya kebakaran rumahnya bendara ta’mir masjid ,” ceritanya.

Akhirnya, dengan cepat kurang lebih setengah jam. Amukan api meratakan isi rumah menjadi arang milik Sujani, oleh para tetangga korban berteriak adannya kebakaran dan berusaha berbondong bondong memadamkan jilatan api yang sudah membesar menggunakan alat seadanya seperti bak bak atau cebor.

Sementara itu, datangnya pertolongan setengah jam setelah kobaran api besar pukul 10.00WIB mobil pemadam 3 unit mobil kebarakan atau Damkar dari BPBD wilayah Jatirogo. Tidak mampu berbuat banyak untuk menyelamatkan rumah milik takmir masjid tersebut.
Para petugas padam menyemprotkan air kesisa sisa rumah yang sudah rata dengan arang.

Akibatnya, korban mengalami kerugian sebesar tiga ratus jutaan lebih meliputi harta benda titipan atau dana amanah umat seperti uang masjid at taqwa dan uang laziznu beserta rumah dan seisinnya ludes tak sisa.

Sementara itu oleh pihak keamanan TNI Babinsa setempat, Sertu Masduki
mengimbau ke masyarakat untuk lebih mawas dalam menjaga keamanan rumah sebelum bepergian rumah dan akan mengajak warga melakukan penggalang dana atau tenda untuk keluarga korban.(tbn01)

Check Also

Nyawa Melayang Setelah Tertabrak Kereta Api

Nganjuk, HarianForum.com – Nyawa melayang setelah tertabrak Kereta Api, tepatnya di rel kereta api jalur selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.