Senin , Februari 26 2024
198 views

5 Hal Konyol Ini Terjadi Dalam Sejarah Dunia

HarianForum.com – Saat mendengar tentang sejarah terkadang kita tidak begitu tertarik, karna ada yang berfikir itu membosankan, namun tak semua sejarah itu membosankan. Terdapat beberapa sejarah yang unik yang juga menarik untuk diketahui.

Ada sejumlah kisah unik bahkan lucu tentang hal-hal yang terjadi pada masa lalu, yang jauh lebih menarik dari apa yang sering diungkap para sejarawan atau yang tertulis dalam buku-buku sejarah lawas. Berikut 5 kisah konyol yang membuktikan, sejarah tak selalu membosankan.

1. WC Dikira Makam Pahlawan
Pada tahun 1917, di tengah Perang Dunia I, perwira Amerika Serikat, Kolonel George S. Patton berada di sebuah desa di Prancis, namanya Desa Bourg.

Suatu hari, seorang wali kota mendatanginya, pria itu berlinang air mata. Ia mengaku bingung saat menerima kabar keberadaan sebuah kuburan prajurit Amerika. Sang wali kota mempertanyakan, mengapa dia tidak diberitahu tentang kematian tersebut sehingga dia dapat memberikan penghormatan yang pantas.

Kolonel Patton, yang tak merasa mendapat laporan ada prajuritnya yang gugur dan dimakamkan di desa itu, ikut menjadi bingung. Ia pun kemudian diantar ke lokasi makam tersebut.

Sampai di lokasi, sang kolonel menyadari, apa yang dikira sebagai makam adalah sebuah jamban yang sudah tertimbun rapi dengan tanah. Rupanya, para anak buahnya telah mengisinya dengan kotoran dan memasang tanda agar tentara lain tak mendekatinya.

Tanda ‘Abandoned Rear‘ itu ternyata menyerupai salib, yang membuat sejumlah warga mengiranya sebagai makam. Patton merasa lega saat mengetahui kebenaran itu, namun, ia tak pernah mengoreksi wali kota yang bingung tersebut.

2. Viking Salah Menyerbu Kota
Viking adalah bangsa penakluk dan penjajah. Perilaku mereka yang barbar meneror manusia pada masa lalu. Mereka kerap menaklukkan wilayah-wilayah kecil, sembari memendam ambisi menaklukkan kota paling modern pada masanya, yaitu Roma.

Rencana pun disusun. Dua bersaudara Viking, Bjorn dan Hastein memimpin armada menuju kota besar itu.

Pasukan Viking berdusta dengan berkata bahwa mereka tidak akan menyerang kota, tetapi mengantar pemimpinnya yang sekarat untuk dimakamkan secara Kristiani. Meski warga kota tidak percaya, tetapi ritual tetap berlanjut.

Beberapa saat Husein keluar dari peti dan pengikutnya mengeluarkan senjata, dan dengan mudah Viking menguasai kota.Hastein pun memproklamasikan diri sebagai penguasa Roma.

Namun, sebuah seruan membuyarkan hingar-bingar kemenangannya. Bangsa Viking sejatinya menaklukkan Luna, sebuah kota di utara Roma.

3. Perang Ketel
Perang yang terjadi pada 8 Oktober 1784 adalah salah satu pertempuran paling tak masuk akal dalam sejarah.

Setelah serangkaian pergolakan politik dan pemberontakan, pihak Belanda Utara memisahkan diri dari Kekaisaran dan memblokade sejumlah pelabuhan penting.

Kaisar Joseph II yang sama sekali tak senang dengan tindakan itu, mengirimkan tiga kapal perang untuk menghentikan blokade. Di sisi lain, pihak Belanda hanya mengirimkan satu, namanya Dolfijn. Setelah saling berhadapan, Dolfijn mengirimkan satu tembakan ke arah lawan. Tak ada satupun manusia kena, luka apalagi tewas.

Namun, tembakan tersebut mengenai ketel sup di dek salah satu kapal lawan. Le Louis, menyemprot para penumpangnya dengan cairan kental berbumbu. Entah karena takjub dengan keakuratan tembakan, atau takut dengan kemampuan lawan, pasukan Kaisar di Le Louis kemudian menyerah kalah.

Joseph II kemudian mendeklarasikan perang pada 30 Oktober 1784, namun tak ada hal signifikan terjadi setelahnya.

4. Penampakan UFO di Angkasa Luar
Pada Desember 1965, Perang Dingin sedang memuncak, persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet menular hingga penjelajahan angkasa.

Kala itu, dua astronot AS, Walter M. ‘Wally’ Schirra Jr. dan Thomas P. Stafford, menjalankan tugas rutin di pesawat antariksa Gemini 6.

Tiba-tiba, keduanya melaporkan penampakan obyek misterius mengorbit Bumi. Suara Stafford dengan nada gelisa diterima Pusat Kendali Misi (Mission Control) NASA.
Ia mendeskripsikan soal sebuah benda aneh melayang menuju selatan di atas Lingkar Arktik (Arctic Circle).

Rincian yang paling mengganggu adalah, sepertinya objek misterius itu akan memasuki atmosfer kapan pun.

Para staf NASA di Bumi pun bertanya-tanya, jangan-jangan objek tersebut adalah proyek pesawat antariksa rahasia Rusia atau piring terbang alien.

Para teknisi NASA pun segera beraksi, berusaha memecahkan anomali yang meresahkan itu.
Tentu saja jawaban tak didapat. Sebab, yang disampaikan para astronot adalah tipuan belaka.

Setelah membikin seluruh NASA panik, Stafford dan Schirra memainkan lagu Natal ‘Jingle Bells’ dengan harmonika dan lonceng. Dua instrumen itu adalah yang mula-mula dimainkan di angkasa luar. Baik lonceng maupun harmonika itu saat ini masih dipajang di museum Smithsonian.

5. Kaisar Palsu dari Ethiopia
Pada Februari 1910, awak kapal perang Inggris HMS Dreadnought menerima telegram yang memberitahukan soal rencana kunjungan Kaisar Abyssinia atau Eropa pada zaman modern.

Tak mau mengecewakan tamu penting, para pelaut menghentikan pekerjaannya untuk menyambut sang bangsawan. Saat berkunjung ke kapal, kaisar dan para pengiringnya disambut dengan penghormatan militer secara penuh dan diajak melakukan tur ke bahtera tersebut.

Namun, akhirnya terkuak, kaisar dan para pengiringnya tak lebih dari para prankster alias orang iseng belaka. Termasuk di antaranya adalah novelis Virginia Woolf.

Mereka membuat wajah lebih gelap, mengenakan kostum aneh, dan bicara dalam kombinasi Bahasa Latin dan celotehan ngawur. Telegram itu juga terbukti palsu.

Beberapa hari kemudian, komplotan pembuat iseng mengirimkan pengakuan tanpa nama ke sejumlah surat kabar. Informasi itu bikin Angkatan Laut jadi bahan olok-olok selama beberapa bulan.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke seorang teman, Horace de Vere Cole mengungkapkan perilaku iseng mereka. (Lpt-6/Frm)

Check Also

Hindari Perpecahan & Faham Radikal, Kapolres Nganjuk Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Nganjuk, HarianForum.com– Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., mengajak seluruh peserta Sosialisasi Pemantapan Wawasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *