Selasa , November 29 2022
66 views
Hasil rekapitulasi dari 3 blok.

2.075 Orang Salurkan Hak Pilihnya di Pilkades Karangasem 

Tuban, HarianForum.com- Pesta demokrasi baru saja di helat di 273 desa di Kabupaten Tuban kemarin, masyarakat di anjurkan menggunakan hak pilihnya dalam menentukan pemimpin di tingkat desa yang akan memerintah pada kurun waktu 2019 hingga 2025.

Rabu (10 /07/ 2019) atmosfer ketegangan begitu terasa ketika malam sebelum pencoblosan, bagaimana tidak kedua putra terbaik Desa akan bertarung memperebutkan kursi tertinggi di Pemerintahan pada esok harinya, demi mengurai ketegangan Para linmas dan Panitia pun ekstra hati-hati menjaga TPS dan mengedukasi masyarakat agar suasana tetap sejuk, Para Perangkat desa, BPD, panitia dan Linmas pun bergiliran bersilaturrahmi ke rumah kedua calon demi untuk menetralisir suasana.

Pesta demokrasi haruslah membuat masyarakat bergembira menyambut calon pemimpin baru yang akan memerintah 6 tahun kedepan, namun yang terjadi justru sebaliknya banyak warga yang tak bisa memicingkan mata barang sebentar demi untuk begadang di rumah kedua Calon, dan harap- harap cemas atas apa yang akan terjadi esok hari.

Kesibukan panitia sesaat setelah penghitunganp.

Tepat pada pagi tiba, jam 06.30 WIB iring-iringan kedua calon pun tiba di lokasi Tenpat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Balaidesa Karangasem, di jadwalkan 2.090 orang yang terdaftar di DPT akan menyalurkan hak pilihnya disini, kedua calon Kepala desa Karangasem pun sama-sama Duduk di singgasana yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara, area steril dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan kecuali pihak panitia dan pihak keamanan.

Bertepatan dengan hari Rabu Legi (jawa, red) Pesta demokrasi untuk memilih kepala pemerintahan Desa Karangasem telah digelar ,antusiasme masyarakat terlihat begitu menggelora hingga petugas keamanan kewalahan untuk membendungnya, antrian yang panjang dan bergerombol pun tak dapat di elakakan. “Sakjane seng wong tuwo karo ibu hamil seng gowo anak ngeneki di disikno, pak,” Celetuk Lastri (nama samaran) warga yang terhalang oleh pintu gerbang Baldes.

Hingga pukul 12.45 WIB proses pemilihan pun dilangsungkan, tercatat sebanyak 2.075 orang yang terdaftar di DPT ikut menggunakan hak pilihnya, setelah jam 13.00 WIB panitia pun mulai mengelompokkan surat suara dan mengaturnya agar mudah di hitung, ada 3 kotak suara yang sesuai dengan pembagian Blok, yaitu blok merah, kuning dan hijau.

Hasil akhir penghitungan.

Dalam proses penghitungan di peroleh hasil sebagai berikut, di blok merah calon nomor urut 1 mendapat nilai 301 suara, sedang calon nomor urut 2 senilai 374 suara dan suara tidak sah 4 suara, selang satu jam perhitungan di lanjutjan kembali dengan hasil dari blok kuning, 366 suara di dapat calon nomor urut 1 sedang calon nomor urut 2 mendapatkan suara 326 sedang suara yang tidak sah 10 suara. Kemudian satu jam berselang dari blok hijau berhasil dihitung dan hasilnya nomor urut 1 mendapatkan 299 suara sedang no urut 2 mendapatkan 387 suara dan suara tidak sah 8.

Adapun total keseluruhan dari 3 Blok, calon dengan nomor urut 1 atas nama bapak sodikin mendapat 966 suara, sedang calon nomor urut 02 Atas nama Bapak Surip mendapatkan 1.087 suara, sedang suara tidak sah sebanyak 22 suara, jadi bisa di simpulkan Pemilihan Kepala desa Karangasem tahun ini di menangkan oleh Cakades no 2 atas nama Surip yang akan memerintah Karangasem pada periode 2019-2025.

Sementara itu ketika dikonfirmasi oleh media HarianForum.vom ketua panitia Pilkades Karang Asem, Zakki Abdillah, M. Sos menyatakan “Itulah hasil dari pilihan masyarakat dan sepenuhnya kami atas nama Panitia akan melaporkannya ke Kecamatan melalui BPD, Semoga suasana tetap kondusif pasca konstelasi politik hari ini, yang menang tidak sombong dan yang kalah bisa legowo,” pungkas beliau.

Dalam pertandingan tentu saja ada yang menang dan kalah, perlu jiwa ksatria untuk mengakui kekalahan dan perlu juga tidak bersikap jumawa atas kemenangan yang telah di raih, semoga setelah konstelasi politik berakhir tidak ada lagi pendukung 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan, demi membangun desa ke arah yang lebih baik. (tbn02)

Check Also

Tingkatkan Kualitas Dibidang Pendidikan, Disdikbud Jombang Gelar Pembinaan Dinas 

Jombang, HarianForum.com- Tingkatkan kualitas SDM dalam bidang pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.