Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Serba-serbi / 15 Tahun Mengabdi, Bripka Yudis Dari Polisi Biasa Jadi Luar Biasa

Powered by free wordpress themes

Bripka Yudis,saat penyematan kenaikan pangkat oleh istrinya.

15 Tahun Mengabdi, Bripka Yudis Dari Polisi Biasa Jadi Luar Biasa

Tuban, HarianForum.com- Banyak dari kalangan siswa siswi setelah tamat atau lulus sekolah SMA sederajat yang bercita cita menjadi seorang polisi. Berikut sosok Polisi biasa yang menjadi luar biasa bernama Bripka Yudis Tri Kuratno lulusan sekolah swasta berbasis pesantren Madrasah Aliyah Sunnatunnur Senori. Kamis (04/07/2019).

Menjadi polisi merupakan pengabdian yang luar biasa bagi negara apalagi sudah menjadi tugas pokok yang melekat di Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia (Polri) antara lain, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat.

Seperti perjalanan sosok muda anggota polisi biasa di kelas Bintara Polri dari pangkat Bripda hingga berpangkat Bripka.

Namanya, Bripka Yudis Tri Kuratno dari anggota Mapolres Tuban, Yudis dipanggilnya yang dulu tahun 2003 masih duduk di bangku sekolah Madrasah Aliyah Senori, dikenal sebagai sosok pendiam dan garang dikalangan teman sekolahnya. Namun, dibalik wajah garang itu, ia merupakan pribadi yang pandai bergaul dengan kakak kelasnya. Dilingkungan masyarakat ia juga dikenal pemuda humoris terhadap lingkungan sekitarnya.

Namun siapa sangka remaja yang terlahir di Tuban, anak ke tiga dari pasangan orangtua, H. Wardoyo dan Hj. praptiningsih yang berasal dari Desa Wanglu Kulon Kecamatan Senori itu. pada hari Rabu pagi (3/7) disaat cuaca yang cerah bertempat di Mapolres Tuban, Namanya mendapatkan promosi kenaikan pangkat personel di Polres Tuban.

Sekilas menengok kembali perjalanan polisi Yudis kecil yang sejak duduk sekolah dasar negeri 1 Wanglu Wetan, Ia dikenal hiperaktif dengan badan kekar dan tubuhnya yang dempal tumbuh kembang dengan anak usia sebayanya, pun sampai masuk ke jenjang pendidikan SMPN 1 Senori, sosoknya yang Humoris dan mudah bergaul dengan teman temannya itu dalam prestasinya belajarnya dengan nilai biasa.

Kemudian, setelah tamat SMPN tahun 2001 dirinya melanjutkan kejenjang pendidikan sekolah formal pendidikan swasta berbasis pesantren tepatnya di Madrasah Sunnatunnur Senori .

Berkat tempaan pendidikan religius dan Agamis yang ditempuh selama tiga tahun itu, baru setelah lulus atau tamat sekolah di tahun 2004. Ahirnya, Yudis memutuskan untuk mengikuti tes masuk Bintara Polri di Polda Jatim.

Berkat doa dan restu dari kedua orang tuannya, Yudis di tahun 2005 diterima dan lolos masuk sebagai Polisi. Setelah menjalankan pendidikan di kepolisian. Dirinya, mulai dari polisi berpangkat Brigadir Polisi Dua ( Bripda) yang merupakan pangkat terbawah di kelas Bintara Polri.

Kemudian, Bripda Yudis kali pertama ditugaskan keluar Jawa, tepatnya, daerah Polres Poso, Polda Sulteng. “Saat saat terberat meninggalkan orang tua kala itu, kali pertama bertugas ke Poso,” tuturnya.

Meskipun berat dijalani meninggalkan tanah kelahirannya tuban selama empat tahun (2005-2009) lamanya diluar jawa, untuk mengabdikan diri kepada masyarakat disana, berkat tekat kuat dan etos kerjanya, ia membuktikan diri dalam menjalankan tugas fungsi sebagai seorang polisi di Poso, pada tahun ke tiga 2008, ia mendapatkan penghargaan dari Kapolda Sulteng dibidang ops Siwagilembe. Ditambah tahun berikutnya 2009, dirinya mendapat penghargaan dari kali ini dari Kapolri dibidang ops Lantodago di Sulteng.

Setahun kemudian ditahun 2010 mengantarkan, Bripda Yudis, berpindah tugas dari Polda Sulteng ke wilayah Jawa tepatnya di Polres Gresik, Polda Jatim. dengan masa pengabdian sembilan tahun lamanya ditopang semangat etos kerjanya dilingkungan Mapolres Gresik, ia diganjar dengan kenaikan pangkat dari Briptu menjadi Brigadir polisi (Brigadir ) Bintara Polda Jatim.

Lanjut kemudian di tahun 2019, mengantarkan suami dari Nyonya Roihanatin Sannayta ini, kembali menginjak tanah kakinya ke tanah kelahirannya tuban untuk bertugas di Mapolres Tuban. Hanya berselang enam bulan (Januari – Mei) menjalankan tugas fungsi sebagai polisi berpangkat Brigadir di Polsek Bangilan. Kini, tepat dihari Rabu pagi (3/7) yang lalu, bertempat di aula Mapolres Tuban, Namannya, Brigadir Yudis mendapat promosi kenaikan pangkat personel Polres Tuban. dimana saat itu, pada penyematan dan upacara korp Raport kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Nanang Hariyono yang diikuti para PJU, para Kasat, para Perwira, Bintara, dan Ketua Bhayangkari Cabang Tuban beserta anggotanya.

Dirinya, Brigadir Yudis diberikan segudang ucapan selamat dari jajaran Mapolres Tuban atas kenaikan pangkat di pundaknya dari Brigadir menjadi Bripka polisi Kepala genap empat buah segitiga bersusun berwarna perak melekat di baju pundaknya, sebagai penanda kepangkatan Bripka Bintara untuk bertugas kontroling serta pengawasan terhadap anggota dibawahnya seperti Bripda, Briptu, Brigpol.

Bripka Yudis, memang sosok polisi biasa. Namun, ia menjalankan sesuatu tugas pengabdian 15 tahun lamanya dengan dampak luar biasa. Sehingga, menjadi inspirasi bagi kalangan remaja yang bercita cita mengabdi kepada masyarakat serta Nusa dan Bangsa lewat Polri.

“Saya berharap menjadi polisi yang dekat masyarakat terutama dengan kalangan remaja – remaja dan keinginan pengabdian diri memberi jaminan rasa aman di tengah masyarakat agar tetap aman dan damai,” Kata Bripka Yudis.(tbn01)

Check Also

Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk Kembali Gelar Vaksinasi Guna Wujudkan Herd Immunity 

Nganjuk, HarianForum.com– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk kembali lakukan giat vaksinasi covid-19, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *